Laba-laba di Dunia Makan 800 Juta Ton Serangga Per Tahun

Laba-laba.
Sumber :
  • Pixabay/phio

VIVA.co.id – Tahukah Anda bahwa laba-laba merupakan hewan berukuran kecil dengan nafsu makan yang besar? Bayangkan saja, seluruh laba-laba di dunia diperkirakan mengonsumsi 800 juta ton serangga dalam satu tahun, menurut studi.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Studi yang dilakukan para peneliti dari University of Basel di Swiss dan University of Sweden itu mengumpulkan data dari 65 studi sebelumnya, untuk mengetahui berapa banyak laba-laba yang saat ini ada di tujuh bioma di bumi.

Kesimpulannya, jika digabungkan, ada sekitar 25 juta metrik ton laba-laba di dunia. Peneliti lantas menggunakan dua model sederhana untuk mengalkulasikan berapa banyak buruan seluruh laba-laba di dunia setiap tahunnya.

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Menurut studi tersebut, diketahui bahwa 400-800 juta ton buruan dibunuh oleh laba-laba setiap tahunnya. Demikian dilansir dari laman CBS Philly.

Sebagai perbandingan, seluruh manusia yang ada di bumi diperkirakan mengonsumsi sebanyak 400 juta ton daging dan ikan tiap tahun.

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

"Perkiraan ini menunjukkan peranan penting perburuan hewan laba-laba dalam habitat semi-natural dan natural, " ujar ketua penulis studi Martin Nyffeler.

Prof Raymond Tjandrawinata.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Guru besar dan peneliti di Fakultas Bioteknologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya tersebut, telah menjelajahi dunia sains hingga negeri Paman Sam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024