Indonesia Kalahkan Malaysia untuk Branding Pariwisata Dunia

Rakornas Pariwisata
Sumber :
  • Kementerian Pariwisata

VIVA.co.id – Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata I-2017 guna memperkuat sinergitas semua elemen dalam mewujudkan target nasional pariwisata. Peran dan dukungan konektivitas pariwisata dari seluruh kementerian atau lembaga sebagai Indonesia incorporated menjadi topik bahasan utama.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, rakornas yang berlangsung 30-31 Maret 2018 di Hotel Borobudur ini mengusung tema “Indonesia Incorporated: Synergies for Better Tourism Connectivity”, Rakornas mengagendakan sejumlah topik bahasan, antara lain komitmen kementerian dan lembaga terkait untuk membangun konektivitas udara, laut, dan darat.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat ditemui awak media mengatakan, konektivitas menjadi satu kelemahan pariwisata. Ada tiga pihak besar yang juga terkait untuk membangun konektivitas, yaitu otoritas, maskapai, dan bandar udara.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

“Otoritas yaitu temen-temen Kemenhub, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. Kalau dari otoritas, pertanyaannya, mengapa sih izinnya susah? Jepang itu hebat prestasinya, dalam waktu dua tahun jumlah wismannya double. Nah, mereka melakukan tiga hal, satu meningkatkan daya saing, kebijakan bebas visa, dan membangun sinergitas, bahwa urusan pertanahan, infrastruktur, transportasi, dan pariwisata itu harus dilakukan bersama,” kata Menpar Arief Yahya.

Menurut mantan dirut Telkom itu, untuk memenangi persaingan global, kelemahan ini harus segera diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya, karena sekitar 90 persen kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia menggunakan transportasi udara.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

“Tersedianya seat yang memadai untuk mendukung target 15 juta wisman tahun ini dan akan meningkat menjadi 20 juta pada 2019, merupakan persoalan yang harus segera dipecahkan dengan melibatkan semua elemen pariwisata,” kata Arief Yahya.

Arief Yahya juga mengatakan, saat ini yang menjadi pesaing berat Indonesia di negara-negara ASEAN adalah Thailand. Sementara itu, negara ASEAN lainnya mudah dikalahkan. Ini terlihat dari country branding “Wonderful Indonesia” yang semula tidak masuk peringkat branding dunia.

"Sekarang (Indonesia) berada di peringkat 47 mengalahkan ‘Truly Asia’ Malaysia yang berada di posisi 97 dan ‘Amazing Thailand’ di posisi 83, sehingga ada positioning dan differentiating Indonesia di tingkat dunia,” kata Arief Yahya.

Rakornas Pariwisata itu akan diramaikan dengan berbagai acara, antara lain diskusi dan workshop seputar upaya meningkatkan konektivitas udara, laut, dan darat beserta permasalahan serta solusinya, dengan menghadirkan narasumber sebagai panelis dari instansi terkait, pelaku bisnis, serta otoritas bandara, pelabuhan, maupun perkeretaapian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya