Agar Anak Tak Mudah Tertular Penyakit

Perut "keroncongan" terjadi karena perut yang biasanya terisi menjadi tidak berisi.
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA.co.id – Kuman kini telah berevolusi menjadi lebih kuat dan kebal. Namun, daya tahan tubuh kita tidak ikut berevolusi sehingga mudah menjadi sakit. Terutama pada anak-anak yang masih rentan terhadap berbagai penyakit.

Biosekuriti, Solusi Pengganti Antibiotik Pada Unggas Ternak

Salah satunya adalah orangtua harus bisa melakukan langkah pencegahan agar anak tidak mudah terserang penyakit. Dokter spesialis anak, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), memberikan beberapa cara untuk menjaga anak dari serangan penyakit.

"Agar anak tetap sehat, usahakan untuk tidur cukup, makan seimbang, dan perbanyak aktivitas fisik. Agar tidak menyebarkan penyakit, harus rajin cuci tangan. Misalnya, habis buang ingus ke tempat sampah tapi kemudian tidak cuci tangan, itu bisa menyebarkan penyakit ke orang lain," ujar Ariani kepada VIVA.co.id.

Sering Dianggap Sepele, Ini Lima Kesalahan Mencuci Tangan

Langkah mencegah sakit memang terdengar sederhana, tapi sebenarnya agak sulit dilakukan. Salah satunya adalah aktivitas fisik anak-anak sekarang sudah mulai berkurang karena adanya permainan di gadget. Jadi, sebagai orangtua usahakan untuk mendorong anak ikut kegiatan seperti bermain bola, atau ketika mengantar sekolah biarkan anak membawa tasnya sendiri dan naik-turun tangga.

Selain itu, cuci tangan pakai sabun juga menjadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan anak. Menurut sebuah survei, mencuci tangan memiliki korelasi yang cukup kuat terhadap penyebaran penyakit. Mencuci tangan diketahui dapat menurunkan 5-10 persen penyakit diare dan tingkat infeksi.

Resisten Antibiotik Bisa Renggut Nyawa 10 Juta Jiwa/Tahun

"Kebiasaan cuci tangan tidak boleh dihilangkan, harus dipelihara agar anak juga bisa menyebarkan kebiasaan baik itu ke teman-temannya," kata Ariani. (ase)

Ilustrasi mencuci tangan anak.

Setop, Jangan Terlalu Sering Mencuci Tangan Anak

Hal ini tidak dianjurkan.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2018