Jangan Remehkan 7 Hal Ini Demi Kesehatan Rambut

Katy Perry
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVA.co.id – Rambut rontok bisa menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan. Kerontokan 100 helai rambut per hari memang dianggap normal. Tapi jika sudah melebihi batas normal ini Anda harus mulai memerhatikan penyebabnya.

Geger! Peneliti BRIN Temukan Tanda-tanda Kehidupan Harimau Jawa di Sukabumi

Berikut ini tujuh hal yang mungkin terlihat sederhana tapi bisa menjadi penyebab utama kerontokan rambut Anda.

1. Sampo
Dilansir laman Times of India, hal pertama dan terpenting dalam memilih sampo yang tepat adalah mengenali jenis kulit kepala Anda. Selain itu, Anda harus mencuci rambut sesuai dengan keadaan kulit kepala. Misalnya, keramas terlalu sering pada kulit kepala yang kering dapat memicu kerontokan, begitu pula dengan kulit kepala berminyak yang tidak dicuci tiga kali seminggu dapat menyebabkan kerontokan.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Selebihnya, pastikan sampo Anda tidak mengandung bahan kimia seperti sulfat, paraben dan silikon yang bisa membuat rambut bercabang dan rapuh.

2. Kondisioner
Kondisioner yang baik dapat memperbaiki penampilan rambut Anda. Karena, kondisoner mengandung asam amino yang dapat membantu memperbaiki rambut rusak dan menjaga rambut tetap lembut.

Pamer Rambut Baru, Iqbaal Ramadhan Malah Disebut Mirip Dora The Explorer

3. Diet dan olahraga
Tidak peduli produk apapun yang Anda gunakan, tidak akan ada yang berhasil jika Anda tidak mengimbangi dengan diet seimbang dan olahraga. Pastikan konsumsi sehari-hari Anda mengandung banyak protein dan zat besi. Olahraga seperti yoga dan meditasi bisa menjadi pilihan baik untuk mengurangi kerontokan rambut.

4. Perawatan kimia
Menjalani perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia seperti pelurusan, pengeritingan, pewarnaan, dan sebagainya, sudah pasti dapat merusak keadaan rambut Anda. Hindari penggunaan alat pengering dan pengeriting terutama saat rambut basah karena alat itu membuat air di rambut menjadi panas dan bisa membuat rambut bercabang.

Jika memang Anda harus menggunakan pengering rambut, gunakan suhu terendah. Jika Anda menggunakan produk yang bisa memanaskan rambut, pakailah dahulu leave-in conditioner dan akhiri dengan hair spray yang dapat melindungi rambut.

5. Memijat dengan minyak rambut
Mengoleskan minyak pada rambut dapat meningkatkan aliran darah dan menutrisi akar rambut. Pastikan Anda selalu memijat rambut Anda satu kali seminggu menggunakan minyak yang sesuai dengan kulit kepala Anda. Kemudian tutup dengan shower cap dan cuci menggunakan sampo yang lembut setelah dua jam.

6. Trim secara rutin
Ujung rambut cenderung lebih banyak yang rusak dan untuk mengatasinya Anda harus menggunting ujung rambut atau trim setiap 6-8 minggu sekali. Rambut rusak memiliki tekstur seperti sedotan, dan bisa dipotong untuk memicu pertumbuhan rambut dan menghilangkan ujung yang bercabang.

7. Stres
Stres merupakan salah satu akar penyebab banyak masalah kesehatan termasuk kerontokan rambut. Stres juga bisa mengganggu proses pertumbuhan rambut dan memicu uban lebih dini. Salah satu solusinya adalah melakukan yoga dan meditasi secara rutin untuk menangkal stres. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya