Tipe-tipe Wisatawan yang Perlu Diketahui

Tipe Wisatawan Selandia Baru
Sumber :
  • Tourism New Zealand

VIVA.co.id – Apakah Anda bertanya-tanya, liburan seperti apakah yang paling sesuai dengan karakter Anda? Dengan memahami perbedaan selera, gaya, dan ketertarikan para wisatawan bisa dikategorikan ke beberapa tipe.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Berikut beberapa tipe wisatawan yang perlu diketahui, seperti rilis yang didapat VIVA.co.id dari Tourism New Zealand pada Selasa, 4 April 2017.  

Wisatawan solo

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

wisatawan tipe ini mempunyai kemampuan belajar dengan cepat saat di luar negeri dengan kebudayaan dan bahasa yang berbeda. Wisatawan solo harus mempunyai kemampuan yang cepat dalam beradaptasi dengan bantuan yang minim.

Wisatawan model seperti ini juga harus bisa berkomunikasi dan mempunyai keberanian untuk keluar dari dalam zona aman dan mencari teman baru agar dapat mempelajari dan beradaptasi dengan para penduduk lokal.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Wisatawan berkelompok atau dengan keluarga

Salah satu cara terbaik untuk melakukan perjalanan adalah bersama dengan teman atau keluarga. Biasanya wisatawan tipe ini akan tertarik mengunjungi tempat-tempat yang terkenal.

Wisatawan kuliner

Para pemburu makanan yang biasa disebut foodies, gemar untuk mengunjungi tempat dengan berbagai macam pilihan makanan. Wisatawan ini juga mencari makanan khas lokal atau makanan yang unik dan tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Selain itu, wisatawan tipe ini akan mencari restoran yang menghidangkan makanan lokal dengan rasa terbaik. Tidak lupa, makanan  dan tidak lupa, wisatawan ini akan mengunggah foto makanan tersebut ke dalam media sosial.

Penjelajah budaya

Untuk Anda yang gemar berwisata dan mencoba hal baru dengan penduduk lokal, penjelajah tipe ini juga dikenal dengan Penjelajah budaya. Penjelajah tipe ini gemar untuk mencari hal-hal yang tidak diketahui dengan mengunjungi langsung tempat yang diminati.

Biasanya penjelajah budaya akan ikut serta dalam beberapa festival lokal acara kebudayaan, selain itu akan mengunjungi tempat-tempat kuno, mengunjungi museum dan menginap di hostel untuk bertemu dengan penjelajah lainnya.

Wisatawan mewah

Tipe wisatawan ini tidak peduli dengan biaya yang dikeluarkan untuk pergi ke tempat wisata. Wisatawan mewah jelas akan mengutamakan kenyamanan yang ekstra selama perjalanannya.

Wisatawan mewah akan bepergian  dengan menggunakan jet pribadi, menyewa sebuah mobil mewah, makan di restoran yang sudah diakui, pergi ke klub terkenal, belanja di mal, menikmati spa, dan perjalanan lain yang belum tentu orang lain bisa merasakan.

Penantang adrenalin

Tipe wisatawan ini adalah yang mandiri dan mudah untuk beradaptasi dengan sekitarnya. Wisatawan ini suka dengan aktivitas luar ruangan yang bisa membuat merasa tertantang dan menghadapi ketakutan diri sendiri.

Aktivitas seperti bungee jumping, skydiving, paragliding, dan atraksi ekstrim lainnya yang dapat di temui ketika liburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya