TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Awal Mula Renita Sukardi Terdeteksi Kanker

Sel kankernya dinyatakan hilang walau belum bisa dibilang sembuh total
Awal Mula Renita Sukardi Terdeteksi Kanker
Renita Sukardi (instagram renita sukardi)

VIVA.co.id – Lama tak terdengar, pemain sinetron "Ojek Pengkolan" yakni Renita Sukardi, dikabarkan sedang terbaring sakit akibat penyakit kanker payudara stadium 3B. Saat ini, ia sedang menjalani serangkaian pengobatan, salah satunya proses radiasi.

Ditemui di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), suaminya yaitu Hilmi, menceritakan awal mula penyakit itu muncul dalam diri Renita yang akrab disapa Iren. Semuanya dimulai pada bulan Juli 2014 silam.

"Saat itu, dia terasa ada benjolan terus diperiksa, awalnya hanya tumor jinak dan langsung menjalani operasi kecil. Operasi pagi, sore sudah pulang lagi," ujar Hilmi, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, pada Rabu, 5 April 2017.

Namun tak berapa setelah melakukan proses biopsi, Iren mendapati dirinya terkena kanker payudara stadium 2. Lewat serangkaian terapi oleh dokter di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sel kankernya dinyatakan hilang walau belum bisa dibilang sembuh sepenuhnya.

"Waktu itu dokter bilang walaupun kankernya sudah hilang, tapi kan masih ada sel-sel kecil yang tidak terdeteksi. Nah, sel-sel ini, kalau tidak diatasi, akan membesar, mungkin dia pikirnya sudah sembuh, jadi enggak pernah kontrol. Terus makan juga kurang dijaga, akhirnya setahun kemudian muncul lagi," katanya, menceritakan ulang.

Pada April 2016, Iren dinyatakan kembali terkena kanker payudara dengan stadium yang lebih lanjut, 3B. Mencegah penyebaran yang lebih parah, Iren segera diberi penanganan medis.

"Itu dia dioperasi, diangkat semua, dari situ sampai sekarang belum benar-benar pulih, apalagi sempat terkena backpain. Habis backpain, kaki kanan patah, lalu kaki kirinya juga, kaki kanan sudah di-pen tapi yang kirinya belum sempat karena mau disinar, kalau disinar kan enggak boleh dioperasi. Jadi tunggu setelah hasil radiasi dulu," katanya.

Serangkaian pengobatan, tengah dijalani Iren dengan didampingi Hilmi sang suami. Pemain sinetron "Ojek Pengkolan" itu, harus menjalani proses penyinaran setiap hari di RSCM.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP