Pembantu Mudik, Urusan Rumah Tetap Beres

VIVAnews - Bingung mengurus rumah saat PRT pulang kampung saat lebaran? Kini ada solusi jitu untuk masalah tersebut. Sebelum pembantu mudik, sekitar 3-4 hari sebelum hari raya, Anda bisa menyiapkan beberapa hal berikut ini, agar Anda tidak repot sendirian.
   
Siapkan persediaan makanan
- Buat stok bumbu halus. Simpan dalam wadah bertutup agar mudah diambil, bersih, dan rapi. Catat tanggal pembuatannya. Umur simpan bumbu halus segar dalam chiller hanya 2-3 hari sedangkan dalam freezer bisa mencapai 2 minggu.Supaya bisa lebih awet, tumis dahulu bumbu halus sebelum disimpan.

- Buat persediaan lauk siap goreng, seperti udang, ikan, atau ayam ungkep yang sudah dibumbui.

- Kalau ingin yang lebih praktis Anda bisa memasak beberapa jenis lauk khas hari raya, seperti rendang, semur, atau gulai, kecuali sayuran, sebelum si mbok mudik. Setelah lauk matang, biarkan dingin dahulu, lalu masukkan dalam plastik, dan bekukan.

- Buat stok kaldu sapi atau kaldu ayam untuk membuat aneka sup dan hidangan berkuah lainnya.

- Simpan dan susun rapi bahan makanan, yang sudah dibersihkan, di dalam chiller.

- Siapkan bumbu yang paling sering digunakan untuk memasak, seperti bawang merah dan bawang putih, dalam kondisi siap olah. Kupas dalam jumlah banyak, dan simpan dalam wadah kedap udara.

- Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa semua produk yang disimpan.

Bersih-bersih dapur
- Bersihkan kompor dengan cara melepaskan rangka tungkunya dan menyikatnya dengan sabun. Untuk noda minyak atau makanan yang sulit dibersihkan, gunakan sedikit baking soda dan gosok dengan spons lembut.

- Bersihkan seluruh sudut lemari atau rak tempat penyimpan bumbu saus dan bahan makan kering. Jangan sampai ada sisa makanan atau bumbu yang tumpah agar tak mengundang semut atau serangga lainnya.

- Agar lebih rapi, manfaatkan juga wadah-wadah plastik transparan untuk menyimpan bahan bumbu kering.

- Bersihkan rak piring dan gelas yang dipakai sehari-hari.

- Jika di hari raya Anda akan menggunakan peranti saji khusus untukmenjamu tamu, sebaiknya disiapkan, dicek kelengkapannya, dan dicuci bersih terlebih dahulu.

Ternyata SYL Pakai Uang Peras Pejabat Kementan untuk Renovasi Rumah dan Perawatan Keluarga

- Berdayakan alat elektronik Anda. Microwave bisa digunakan untuk menghangatkan dan memasak dengan praktis, magic com untuk memasak nasi, menghangatkan, hingga mengukus, dan teko listrik untuk merebus air panas.

Pendeta, Eastwood Anaba

Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini

Tidak hanya itu saja, sang pendeta juga sempat membandingkan adab seorang muslim ketika memasuki masjid dengan orang kristen ketika mendatangi gereja.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024