Dian Sastrowardoyo: Kini Wanita Punya Kebebasan

Dian Sastrowardoyo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Al Amin Nasution

VIVA.co.id – Hari Kartini akan diperingati Indonesia setiap tanggal 21 April. Aksi Kartini memperjuangkan emansipasi wanita, menurut artis Dian Sastrowardoyo, patut dihargai dan diimplementasikan oleh wanita Indonesia saat ini.

Dian Sastro Gak Terima Debut K-Pop Dita Karang Dianggap Cuma Beruntung

Salah satu yang bisa dilakukan menurut artis cantik pemeran Kartini dalam film terbarunya itu adalah agar wanita tidak lagi menyia-nyiakan kesempatan untuk bersekolah.

"Sekarang kita semua sudah punya kebebasan bersekolah semestinya tidak menyia-nyiakan kesempatan itu," tutur Dian saat ditemui di kawasan Kota Tua, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Potret Lebaran Dian Sastrowardoyo hingga Raffi Ahmad di Tengah Corona

Pemain film Ada Apa Dengan Cinta itu mengatakan, memang pemikiran-pemikiran yang dicetuskan Kartini banyak terbentur dengan adat istiadat yang berlaku saat itu. Akan tetapi, secara keseluruhan pemikiran itu justru sangat berguna bagi kaum wanita agar bisa berkembang dan tidak tertindas.

"Memang banyak sekali dari pakem Jawa itu yang dikritik oleh Kartini, karena dia melihatnya agak kontraproduktif berkenaan dengan kehidupan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Dia ngeliatnya itu sama sekali enggak terlalu penting," ujarnya lagi.

Dita Karang Debut, Dian Sastrowardoyo Ikut Bangga

Wanita kelahiran 16 Maret 1982 itu merasa beruntung, karena berkat pesatnya pemikiran Kartini tentang kesetaraan gender di Indonesia, kini wanita bisa setara dengan pria dalam segala aspek khususnya dalam hal memperoleh pendidikan.

"Sekarang kan kita enggak ngalamin lagi seperti zaman Kartini dulu, begitu juga dengan kesetaraan gender, semua manusia baik laki-laki maupun perempuan merasakan pendidikan formal di sekolah," tambah istri dari Maulana Indraguna tersebut.

Dita Karang

Dita Karang Ungkap Perjuangannya Jadi Artis K-Pop

Dita Karang menjadi member girlband Secret Number.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2020