Posisi Duduk Ini Berbahaya untuk Anak

Ilustrasi anak bermain.
Sumber :
  • Pixabay/ qimono

VIVA.co.id – Pernahkah Anda memperhatikan buah hati Anda duduk dalam posisi "W" saat menonton televisi? Posisi duduk di mana, kaki menekuk ke samping luar.

Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama

Jika iya, Anda harus merasa cemas, karena seorang ahli mengungkapkan kalau posisi duduk tersebut bisa menyebabkan rasa sakit seumur hidup.

Dilansir Daily Mail, ahli osteopati asal London menyarankan, meski mereka menyukai posisi itu, Anda tetap harus meminta mereka mengubah cara mereka duduk.

Posisi Duduk yang Bisa Cegah Nyeri Punggung

Sejumlah ilmuwan telah lama meyakini kalau posisi duduk itu bisa memengaruhi perkembangan sendi dan tulang kaki mereka.

Seorang ahli, Avni Trivedi menjelaskan alternatif yang lebih sehat untuk diajarkan pada buah hati Anda. Dia mengatakan, duduk dalam posisi apapun bisa dideskripsikan sebagai 'epidemik sehat baru'.

Tips Posisi Duduk yang Benar untuk Hindari Sakit Punggung

Tetapi, duduk dalam posisi "W" bisa memberikan tekanan pada sendi bagian bawah tubuh yang sedang berkembang, seperti panggul dan lutut.

"Duduk terlalu lama umumnya dapat memberikan tekanan tidak semestinya pada leher, bahu, dan punggung atas. Sedangkan bagi anak-anak yang sangat sering bergerak, duduk dengan posisi "W" dapat meregangkan sendi dan bisa melemahkan batang otot, karena otot ini tidak dibutuhkan menjadi aktif," jelasnya.

Meski begitu, anak yang duduk dengan kaki menyilang juga berisiko menderita sakit yang panjang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya