Studi: Lari Satu Jam Perpanjang Umur Tujuh Jam

Wanita Inggris berlari melalui deretan air mancur di Inggris.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA.co.id – Lari kini menjadi semakin populer di berbagai kalangan. Salah satu latar belakangnya adalah kesadaran akan kesehatan di masyarakat mulai meningkat khususnya di Indonesia. Selain itu, lari adalah olahraga yang paling mudah dilakukan tanpa harus ada pendamping dan area olahraga khusus. 

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Ajak Puluhan Artis Olahraga Lari dan Donasi

Berlari memang diketahui memiliki segudang manfaat seperti memperbaiki suasana hati, meningkatkan gairah seksual, dan tentunya menjaga agar tubuh tetap bugar. Tak hanya itu, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa berlari juga dapat membuat Anda panjang umur.

Dilansir laman Metro, dalam penelitian yang dilakukan oleh Iowa State University ini didapati bahwa berlari selama satu jam akan memperpanjang umur hingga tujuh jam. 

Sukses Digelar, 4 Ribu Pelari Ramaikan Victoria Run 2023

Dapat dikatakan bahwa pelari setidaknya dapat hidup tiga tahun lebih lama ketimbang mereka yang tidak atau jarang berlari. Hal ini tetap berlaku bahkan jika mereka adalah perokok, peminum atau kelebihan berat badan.

Penelitian mengklaim bahwa berlari 60 menit dalam sepekan adalah cara paling efektif agar panjang umur. Tidak peduli seberapa jauh atau seberapa cepat Anda berlari, yang jelas usia hidup Anda akan meningkat 40 persen jika berlari. Sebagai perbandingan, berjalan dan bersepeda hanya mampu meningkatkan 12 persen usia Anda. (one)

Mulai Ramai Kembali, Ini 5 Manfaat dari Trail Run
Grid Cardio Rush

1000 Peserta Bakal Ikuti Grid Cardio Rush, Ada Pemain Dewa United

Olahraga menjadi trend positif yang semakin meningkat dan para pecinta olahraga membutuhkan pengalaman berbeda untuk mempertahankan trend positif tersebut.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2024