TUTUP
TUTUP
VIVALIFE
Putri Indonesia 2017

Jalan Berliku Bunga Mengejar Mimpi, Insiden dan Kontroversi

Kemenangannya diragukan. Bagaimana ia menyikapi.
Jalan Berliku Bunga Mengejar Mimpi, Insiden dan Kontroversi
Putri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani (instagram.com/officialputeriindonesia/)

Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam waktu dekat sebagai Putri Indonesia 2017?

Saya akan mendapatkan tugas dari Yayasan Puteri Indonesia, dimulai dari kegiatan sosial, kunjungan, undangan dari berbagai event, dan lain sebagainya. Khususnya dengan saya menjadi Puteri Indonesia sekaligus menjadi duta Indonesia maka dari itu saya akan mempromosikan Indonesia di mata dunia.

Bagaimana dengan persiapan menuju Miss Universe 2017?

Bagi saya itu mental dan fisik. Yang utama itu, bagi saya public speaking dan bahasa Inggris saya. Karena yang saya tahu, era Miss Universe sekarang dipegang IMG lebih mengedepankan public speaking dan komunikasi di depan orang banyak. Dari Yayasan Putri Indonesia, mereka sudah punya plan masing-masing.

Optimistis mengikuti Miss Universe nanti?

Saya mau menghilangkan rasa pesimistis saya dan saya melihat euforia dari masyarakat Indonesia dengan saya menjadi Putri Indonesia, mereka seperti percaya Bunga bisa. Saya enggak mau mereka sudah percaya sama saya, tapi saya enggak percaya sama diri saya. Saya harus optimistis. Apalagi banyak fanpage luar yang mendukung saya. Itu adalah kebanggaan tersendiri bagi saya.

Sampai pihak dari Miss Universe, fanpage road to Miss Universe itu followers-nya enggak sedikit. Benar-benar dilihat seluruh dunia dan mereka mendukung saya. Bahkan dari Filipina, dia beauty pageant nomor satu, mereka sampai message saya di Instagram, mereka mendukung saya.

Apa yang akan Anda tonjolkan di Miss Universe?

Mungkin saya akan mengutamakan fisik karena saya merasa bangga dengan apa yang dimiliki saya sekarang. Dengan kulit yang benar-benar Indonesia, muka saya yang eksotis khas Indonesia. Karena ada yang bilang muka saya ada Balinya, ada Jawanya, ada yang bilang Ambon, ada yang bilang Melayu, berarti secara enggak langsung muka saya Indonesia. Itu yang akan saya banggakan.

Setelah itu, saya akan mempromosikan pariwisata. Setelah pariwisata, saya akan fokus ke diri saya, public speaking dan harus mencuri perhatian juri.

Bagaimana membagi waktu antara kesibukan sebagai Putri Indonesia, persiapan menuju Miss Universe dan pribadi?

Membagi waktunya simple saja. Ketika saya sedang free bertugas, saya pulang ke rumah untuk sekadar membagi waktu bersama keluarga atau teman-teman, karena kebetulan rumah saya dekat dari apartemen dinas. Dan untuk tugas Puteri dan persiapan Miss Universe, pihak YPI sudah membagi waktu, yang pasti tidak akan terjadi bentrok jadwal.

Setelah dari Putri Indonesia dan Miss Universe, apa ada rencana melanjutkan pendidikan?

September ini seharusnya saya masuk kuliah tapi karena ada Putri Indonesia jadi saya cuti. Tapi saya pasti kuliah karena saya juga ambil kuliah kelas karyawan jadi waktunya fleksibel.

Bagaimana dengan karier modeling Anda setelah menjadi Putri Indonesia?

Konsekuensi atau risiko yang saya ambil ketika saya menjadi Puteri Indonesia adalah saya harus melepas karier saya sebagai model. Tetapi Puteri Indonesia juga terkait dengan dunia modeling, jadi tidak menghambat passion saya sebagai model. Untuk rencana lain sejauh ini belum ada, karena masih fokus untuk menjalani tugas di YPI dan menuju Miss Universe.

Apa yang membuat Anda tertarik menjadi model dan bagaimana perjuangan mencapai posisi sekarang?

Awal mula, saya sama sekali tidak berminat jadi model. Tapi karena dukungan penuh dari orangtua dan keluarga, saya mencobanya dan ternyata passion saya di bidang modeling.

Kita bertemu dengan model-model senior papan atas, desainer ternama di Indonesia bahkan internasional, dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya karena menjadi model tidaklah mudah, saya harus melalui beberapa fase dari awal sempat ditolak karena tidak memiliki wajah yang cantik. Saya sempat down, namun dari situ saya bangkit dan mencoba ikut perlombaan model dan mendapati peringkat 1 pada tahun 2005. Dari situlah awal mula saya terjun di dunia modeling.

Apa hal terberat yang pernah dihadapi untuk mencapai posisi itu?

Ketika beberapa orang hanya menilai dari kekurangan saya. Dari situ saya berusaha meyakinkan mereka dengan menutupi kekurangan saya dengan kelebihan yang saya punya.

Saya juga mendapat bullying. Sebelum jadi Putri Indonesia pun dari pihak Yayasan Putri Indonesi sudah warning, kalian dari finalis Putri Indonesia otomatis akan jadi public figure dan akan ada pro kontra di dalamnya. Itu masing-masing dari kita bagaimana mau menanggapinya dengan positif atau negatif.

Prestasi apa saja yang sudah diraih di dunia modeling?

Juara Gading Model Search 2005, finalis Gadis Sampul 2005, mewakili Indonesia di Ajang Asian Model Search 2011, juara Supermodel International 2011 di Bangkok, Thailand mewakili Indonesia dan Runner Up Best Swimsuit Supermodel International 2011, juara GUESS Girl South East Asia 2015 mewakili Indonesia.

Saya mendapat hadiah atas kemenangan di GUESS Girl South East Asia dan meraih kesempatan photoshoot lookbook dan magazine yang beredar di seluruh dunia untuk GUESS, langsung di kantornya di Los Angeles. Dan mendapatkan kontrak satu tahun dari GUESS. Untuk fashion show, saya pernah mengikuti New York Fashion 2016 menggunakan rancangan desainer ternama Indonesia, Denny Wirawan.

Di Indonesia, menjadi sampul model majalah nasional. Untuk panggung mode di dalam negeri, di antaranya Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Jakarta Fashion and Food Festival, Plaza Indonesia Fashion Week, Annual Show (show tunggal) desainer ternama di Indonesia.

 

GUESS for #CWFW | ???? : @pjcommercials

A post shared by Bunga Jelitha (@bungajelitha21) on

Koleksi dari desainer dunia siapa saja yang pernah dibawakan?

Saya pernah membawakan Jean Paul Gaultier dan Roberto Cavalli yang pernah mengadakan show di Indonesia, dan membawa pakaian yang dikenakan waktu fashion week di luar negeri serta Alberta Ferretti, Versace, Valentino, Lie Sang Bong (Korea), desainer dari Malaysia, dan lainnya.

Selain modeling, apakah Anda juga pernah menjajal dunia akting?

Saya pernah main di film Lawang Sewu tahun 2007. Awalnya ditawari untuk casting film Lawang Sewu oleh teman Mama saya, dan itu proses  casting-nya sudah malam karena saya baru selesai fashion show suatu event. Dari situ saya dikabarkan terpilih untuk memerankan Chika, sahabat dari pemeran utama. Proses syutingnya sendiri langsung di Lawang Sewu, Semarang.

Saya berminat di dunia akting, tapi saya lebih memilih untuk film atau FTV, tidak untuk sinetron atau stripping. Jika ada tawaran yang menurut saya tokoh dan filmnya bagus, saya akan ambil dan saya akan tekuni akting tersebut.

Seperti apa dukungan keluarga terhadap karier Anda sekarang?

Dukungan keluarga sangat luar biasa. mereka selalu mengerti dan tidak pernah memaksakan atau melarang apapun pilihan saya, selama itu masih hal yang positif.

Apakah jadi Putri Indonesia yang Anda impikan sejak kecil?

Iya. Dulu saya bermimpi saya ingin menjadi seorang princess, dan saya ingin orang mengenal saya. Tidak disangka, sekarang saya bisa menggunakan mahkota layaknya princess.

Seperti apa masa kecil Anda?

Saya dari kecil hidup sederhana, seperti halnya anak kecil pada umumnya, namun ketika kumpul bersama saudara-saudara sepupu, selalu ditanya cita-cita kamu apa, saudara-saudara saya yang lain selalu menjawab, "dokter, presiden, insinyur," tapi saya hanya menjawab ingin menjadi artis, dan orang terkenal.

Tolong deskripsikan karakter Anda seperti apa?

Saya adalah tipe orang yang pendiam, tidak terlalu banyak bicara, tapi langsung dengan tindakan, apa adanya, tipe yang bekerja keras dan bertanggung jawab. Saya akan melakukan apapun, berjuang dan berusaha entah itu akan menyakiti saya, tapi demi sesuatu yang berguna untuk membuat orang lain tersenyum bahagia.

Adakah tokoh atau public figure yang menjadi panutan Anda?

Saya sangat terinspirasi dengan Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 2015. Entah kenapa saya melihat dari pribadi Anin, dia sangat kuat menghadapi bully-an terhadap dirinya, namun pada akhirnya dia mampu membanggakan Indonesia.

Apa target yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan?

Saya ingin Indonesia dikenal di mata dunia lewat ajang internasional. Untuk karier sebagai model, saya ingin merasakan panggung fashion week dunia. Untuk pribadi, saya ingin membawa orang tua saya pergi haji, dan membahagiakan keluarga saya dari hal apapun. Saya juga ingin membuka sekolah modeling maupun sekolah untuk belajar tentang beauty pageant gratis bagi para generasi-generasi muda.  

Pesan bagi remaja yang ingin seperti Anda?

Tetap jadi diri sendiri, bersyukur dengan apa yang kita punya dan jangan jadikan kekurangan sebagai penghalang kalian untuk menuju kesuksesan. (umi)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP