Tak Hanya Gigi, Lidah Juga Butuh Dibersihkan

Ilustrasi lidah.
Sumber :
  • Pixabay/1045373

VIVA.co.id – Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin menggosok gigi. Tapi, tidak banyak yang menyebutkan bahwa lidah juga sama pentingnya untuk dibersihkan seperti gigi.

Atlet Rentan Alami Kerusakan Gigi, Awas Bisa Berdampak ke Seluruh Tubuh

Dilansir laman Times of India, membersihkan lidah juga merupakan praktik menjaga higienitas yang penting. Membersihkan lidah dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, bakteri, racun, jamur, dan sisa makanan dari permukaan lidah. Semuanya merupakan pemicu bau yang disebabkan bakteri yang bersarang di lidah.

Membersihkan lidah juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan secara menyeluruh dengan meningkatkan sistem imunitas, membantu pencernaan dan karenanya dapat meningkatkan kesehatan gigi serta mulut.

Mengenal Teknologi System Protective Layer (SPL) untuk Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Sebaliknya, jika tidak rutin membersihkan lidah setiap hari, Anda bisa mengalami kondisi buruk seperti berikut.

Halitosis atau bau mulut

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Hal pertama yang akan terjadi bila Anda tidak membersihkan lidah setiap hari adalah halitosis atau dikenal juga dengan bau mulut. Jika lidah tidak dibersihkan setiap hari, bakteri akan menumpuk di lidah Anda dan seringkali memicu timbulnya bau tidak sedap.

Sakit gusi

Tidak membersihkan lidah bukan hanya menyebabkan masalah di lidah, tapi juga dapat menimbulkan penyakit gusi. Terkadang, ketika Anda menyikat gigi, gusi menjadi berdarah. Kita sering berpikir itu adalah masalah gusi yang sebagian besar memang benar, tapi tidak setiap saat. Ini bisa jadi masalah radang gusi yang berkaitan dengan lidah. Kondisi ini bisa membuat lidah Anda memerah, membengkak, dan berdarah.

Gigi tanggal

Tidak menyikat lidah dapat membuat gusi Anda melemah dan rentan terserang bakteri. Hal ini bisa memengaruhi gigi dalam waktu lama dan perlahan Anda bisa kehilangan gigi. Jika Anda tidak ingin ini terjadi, bersihkan lidah Anda secara rutin. Selain itu, menyikat gigi terlalu lama dapat merusak gigi. Jadi, hindarilah kedua hal itu.

Penurunan fungsi indera perasa

Pernahkah Anda mengalami tidak bisa merasakan makanan yang Anda makan? Hal ini kemungkinan dikarenakan Anda kehilangan indera perasa karena bakteri, penumpukan sisa makanan, dan kulit mati yang menutupi lidah Anda. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda tidak memiliki indera perasa yang kuat.

Lidah menghitam
Ini merupakan kondisi paling esktrem dari lidah yang tidak bersih dan kotor. Kondisi ini muncul saat permukaan lidah penuh dengan sisa makanan dan minuman. Meski begitu, kondisi ini tidak berbahaya dan akan hilang ketika Anda membersihkan lidah dengan benar.

Infeksi jamur di mulut

Banyak wanita yang bisa mengalami infeksi jamur di bagian kewanitaannya, tapi Anda mungkin tidak tahu kalau infeksi jamur itu juga bisa terjadi di mulut. Kondisi ini juga dikenal dengan sariawan mulut. Ketika tingkat bakteri tinggi di dalam mulut, jamur yang tumbuh secara alami di sana dapat menumpuk sangat banyak. Hal ini akan menimbulkan warna putih di lidah. Untuk mengatasi ini bisa dengan menggunakan pengobatan antijamur.

Penyakit periodontal

Bakteri di lidah Anda bisa berpindah ke gigi, yang kemudian dapat menimbulkan penyakit periodontal. Jika gusi Anda tidak dirawat secara benar, peradangan ini bisa berubah menjadi penyakit periodontal. Penyakit ini cukup mengerikan karena bisa menyebabkan penyurutan gusi, infeksi, peradangan kronis, dan bahkan gigi tanggal. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya