Waspadai Gejala Khas Penyakit Diabetes Ini

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA.co.id – Mengenali gejala-gejala penyakit diabetes, mempermudah seseorang mencegahnya sejak awal. Untuk itu, beberapa gejala khas diabetes ini sebaiknya dipahami untuk dijadikan pencegahan dini.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Gejala khas pada diabetes yang patut diwaspadai seperti haus dan lapar terus menerus, buang air kecil terlalu sering, serta penurunan badan secara berlebih tanpa sebab.

"Gejalanya 4P yaitu Polidipsi, Poliuri, Polifagia, dan Penurunan berat badan drastis. Padahal penurunan berat badan yang ideal yaitu satu kilogram per minggunya," ujar Medical Dept PT Kalbe, dr. Pande Wade Satrya DP, di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 17 April 2017.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Ia menuturkan, gejala khas diabetes tersebut seringkali diabaikan. "Padahal empat tanda itu sederhana," ujarnya.

Selain itu, gejala lain yang perlu dipahami yaitu adanya penurunan penglihatan. Di mana penglihatan yang tidak lagi tajam, membuat aktivitas semakin terganggu.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Gejala lainnya yaitu adanya rasa gatal yang berlebihan di area lipatan seperti ketiak dan selangkangan. Hal tersebut terjadi karena munculnya jamur sebagai bentuk mekanisme perubahan tubuh akibat meningkatnya glukosa darah.

"Yang perlu dikenali juga, cepat lelah, adanya luka yang sulit sembuh, rasa kesemutan, timbul keputihan, bahkan hingga penurunan gairah seks di usia subur." (mus) 

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024