TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Asam Pedas Ikan Baung Khas Riau Bikin Ketagihan

Ikan air tawar ini masih satu kerabat dengan lele.
Asam Pedas Ikan Baung Khas Riau Bikin Ketagihan
Asam pedas ikan baung khas Riau. (VIVA.co.id/Zahrotustianah)

VIVA.co.id – Kelezatan kuliner Indonesia rasanya tak pernah bisa selesai untuk diulas. Dari Sabang hingga Merauke, aneka masakan Nusantara siap memanjakan lidah. Jika Anda pergi ke Pekanbaru, Riau, jangan lewatkan kudapan khas yang satu ini.

Ikan baung. Sebagian orang mungkin belum familiar dengan ikan ini. Ikan yang masih satu kerabat dengan lele tersebut hidup di air tawar yang biasanya dijumpai di Asia Tenggara, terutama di wilayah Sumatera untuk Indonesia.

Penyebutan nama untuk ikan baung ini berbeda-beda. Ada yang menyebutnya baon, senggal, ikan duri, dan lain sebagainya. Nah di Riau, ikan baung menjadi santapan wajib yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Ikan baung khas Pekanbaru, Riau, biasanya diolah dengan bumbu asam pedas, gulai, dan ada juga yang dimasak dengan tempoyak (durian yang difermentasi). Saat VIVA.co.id mencicipi langsung di kota khasnya, rasa ikan baung ini lezat, makin menggugah nafsu makan.

Gurih dan segar menyatu di lidah membalut daging ikan baung yang sangat lembut. Menu ini cocok dipadukan dengan nasi panas dan cah kangkung.

Tak usah bingung untuk bisa mencicipi hidangan ikan yang mengandung banyak protein, kalori, dan lemak baik ini di Pekanbaru. Anda akan menemukan banyak sekali restoran yang menyajikannya.

Makin tak sabar? Tidak jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, tepatnya di sepanjang Jalan Sudirman, ditempuh dengan 10 menit saja berkendara, Anda sudah bisa menemukan berbagai restoran yang menawarkan ikan baung ini. (mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP