Asam Pedas Ikan Baung Khas Riau Bikin Ketagihan

Asam pedas ikan baung khas Riau.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrotustianah

VIVA.co.id – Kelezatan kuliner Indonesia rasanya tak pernah bisa selesai untuk diulas. Dari Sabang hingga Merauke, aneka masakan Nusantara siap memanjakan lidah. Jika Anda pergi ke Pekanbaru, Riau, jangan lewatkan kudapan khas yang satu ini.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Ikan baung. Sebagian orang mungkin belum familiar dengan ikan ini. Ikan yang masih satu kerabat dengan lele tersebut hidup di air tawar yang biasanya dijumpai di Asia Tenggara, terutama di wilayah Sumatera untuk Indonesia.

Penyebutan nama untuk ikan baung ini berbeda-beda. Ada yang menyebutnya baon, senggal, ikan duri, dan lain sebagainya. Nah di Riau, ikan baung menjadi santapan wajib yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Ikan baung khas Pekanbaru, Riau, biasanya diolah dengan bumbu asam pedas, gulai, dan ada juga yang dimasak dengan tempoyak (durian yang difermentasi). Saat VIVA.co.id mencicipi langsung di kota khasnya, rasa ikan baung ini lezat, makin menggugah nafsu makan.

Gurih dan segar menyatu di lidah membalut daging ikan baung yang sangat lembut. Menu ini cocok dipadukan dengan nasi panas dan cah kangkung.

Status PPKM Dicabut, Wisata Kuliner Tangerang Bangkit Lagi

Tak usah bingung untuk bisa mencicipi hidangan ikan yang mengandung banyak protein, kalori, dan lemak baik ini di Pekanbaru. Anda akan menemukan banyak sekali restoran yang menyajikannya.

Makin tak sabar? Tidak jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, tepatnya di sepanjang Jalan Sudirman, ditempuh dengan 10 menit saja berkendara, Anda sudah bisa menemukan berbagai restoran yang menawarkan ikan baung ini. (mus)

Nasi Gudeg

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Kuliner Nusantara adalah cerminan dari kekayaan budaya dan keanekaragaman alam Nusantara. Setiap daerah memiliki karakteristik kuliner yang unik.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023