TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Permainan Asah Otak Bikin Lebih Pintar, Benarkah?

Peneliti menguji apakah permainan asah otak meningkatkan kerja memori.
Permainan Asah Otak Bikin Lebih Pintar, Benarkah?
Anak bermain (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

VIVA.co.id – Jika Anda pikir permainan asah otak bisa membuat lebih pintar, pikirkan lagi. Dalam sebuah penelitian di Florida State University di Amerika, terkait hal ini, tidak ditemukan bukti bahwa permainan semacam itu meningkatkan kemampuan kognitif secara keseluruhan.

Neil Charness, profesor psikologi pun meyakini, peningkatan jumlah orang yang percaya bahwa permainan asah otak justru membantu melindungi mereka terhadap kehilangan memori atau gangguan kognitif .

"Temuan kami dan penelitian sebelumnya memastikan ada sedikit bukti bahwa jenis permainan ini dapat memperbaiki hidup dengan cara yang berarti," kata Associate Professor Wally Boot dilansir Indian Express.

Penelitian ini difokuskan pada apakah permainan otak bisa meningkatkan "memori kerja" yang dibutuhkan untuk berbagai tugas.

Dalam studi mereka, para peneliti membuat satu kelompok orang untuk memainkan permainan video asah otak yang dirancang khusus yang disebut "Mind Frontiers". Sementara itu, kelompok pemain lain melakukan permainan teka teki silang atau teka-teki nomor. Semua pemain diberi banyak informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah.

Peneliti menguji apakah permainan asah otak meningkatkan kerja memori para pemain dan akibatnya meningkatkan kemampuan mental lainnya, seperti penalaran, memori, dan kecepatan pemrosesan.

Tim memeriksa apakah memperbaiki kerja memori akan menghasilkan kinerja yang lebih baik pada tugas-tugas lain. Mereka tidak menemukan bukti seperti itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience.

"Mungkin saja melatih orang untuk menjadi sangat baik dalam tugas yang biasanya Anda anggap seperti tugas menghafal 70, 80, bahkan 100 digit," kata Charness.

Para periset menyarankan agar memperbaiki fungsi kognitif, orang sebaiknya lebih banyak berolahraga aerobik daripada duduk di depan komputer untuk permainan asah otak ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP