Kuning, Warna Keagungan di Bumi Melayu Riau

Kediaman Gubernur Riau
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrotustianah

VIVA.co.id – Riau telah lama dijuluki sebagai negeri Lancang Kuning. Lancang berarti kapal yang dahulu dianggap mencerminkan jiwa pahlawan. Djunaidi, Wakil Rektor I Universitas Lancang Kuning menceritakan, simbol Riau itu menarik jika ditilik dari lagu daerah dengan judul yang sama. Lagu Lancang Kuning jadi filosofi Riau dalam bernegara.

Hingga H-1 Pelni Jual Hampir 400 Ribu Tiket Kapal, Ini 5 Pelabuhan Terpadatnya

Lagu tersebut berisi tentang sebuah kapal yang berlayar di malam hari, menerjang badai. Filosofinya, seorang pemimpin haruslah mengetahui arah dan keadaan wilayahnya. Ia harus siap dalam menghadapi masalah apa pun dengan penuh tanggung jawab.

Kuning, warna keemasan ini pun tak luput dari makna yang tersembunyi di dalamnya. Saat VIVA.co.id berkunjung ke negeri yang menjunjung tinggi budaya Melayunya ini, banyak gedung dengan cat berwarna kuning. Bukan tanpa alasan tentunya.

Soal Macet Panjang ke Merak, Menhub Budi: Pemudik Bandel Tak Punya Tiket Nekat Datang

"Kenapa kuning, kuning itu kan warna keagungan kerajaan. Dalam budaya Melayu itu warna kebesaran," ujar Djunaidi di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau.

Ia melanjutkan, Riau memang masih kental dengan adat Melayu karena selalu diwariskan. Penggunaan bahasa dan pakaian ala Melayu bisa nampak jelas, terutama jika berkunjung ke desa.

Tiket Pesawat Melambung Tinggi, Pemudik Pilih Gunakan Kapal
BIG Records Asia & JQ Composey Rilis Lagu Selamat Lebaran

BIG RECORDS ASIA dan JQ COMPOSEY Rilis Lagu Selamat Lebaran by CEVKEVIN, Tonjolkan Vibes Indie Band

BIG RECORDS ASIA dan JQ COMPOSEY merilis lagu spesial berjudul "Selamat Lebaran". Lagu yang dipopulerkan oleh CEVKEVIN ini menonjolkan vibes indie band.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024