Hindari Kanker Hati dengan Konsumsi Keju

Keju.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orang menghindari keju karena takut bisa membuat gemuk. Tapi, mengonsumsi keju yang terfermentasi seperti cheddar, brie, dan parmesan, dapat meningkatkan kesehatan liver.

Pengacara Ungkap Kondisi Ammar Zoni Usai Sang Ayah Meninggal Dunia

Hal ini disebabkan keju mengandung senyawa yang dikenal sebagai spermidine yang bisa menghentikan sel hati yang rusak bereplikasi. Dengan demikian bisa mencegah fibrosis hati, akumulasi dari jaringan rusak yang muncul di sebagian besar penyakit organ. Serta hepatocellular carcinoma (HCC) yang merupakan bentuk paling umum kanker hati.

Dilansir Daily Mail, menurut para peneliti di Texas A&M University, jika senyawa ini bisa menambah usia harapan manusia, yakni mencapai usia 100 tahun, lebih dari usia harapan hidup yang diperkirakan yakni 81 tahun.

Aditya Zoni Ungkap Riwayat Sakit Sang Ayah, Idap Kanker Hati Stadium Akhir

Meski berapa pun jumlah spermidine bisa bermanfaat, tapi riset lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah senyawa ini bisa dijadikan suplemen.

Para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi jamur, kedelai, legume, jagung, dan biji-bijian secara rutin juga memberikan efek memperpanjang umur yang sama.

Zaidul Akbar Sebut Sampah Emosi Bisa Sebabkan Kanker, Bagaimana Maksudnya?

Para ilmuwan berharap hasil penelitian mereka bisa membuat manusia membuat perubahan kecil dalam pola makannya, sehingga membuat hidup lebih lama.

Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Rusia Vladimir Putin Memberikan Kabar Gembira

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa para ilmuwan negaranya hampir menciptakan vaksin kanker.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024