Awas, Virus Kanker Serviks Bisa Menular Lewat Celana Dalam

Ilustrasi pakaian dalam atau lingerie.
Sumber :
  • Ist/picdaily

VIVA.co.id – Kanker serviks yang disebabkan  Human Papiloma virus ternyata satu-satunya satu-satunya kanker yang menular.  Bahkan, kanker yang mayoritas menyerang perempuan ini disebut-sebut juga sebagai penyakit mematikan nomor tiga di Indonesia.

Duel 18+ di WWE, Pegulat Wanita Saling Lucuti Pakaian Sisakan Bra dan Celana Dalam

Dalam anggapan yang selama ini beredar luas di masyarakat, kanker serviks hanya bisa menular melalui hubungan seksual. Padahal, menurut Prof. Dr. dr. Andrijono, SpOG(K) selaku Ketua Umum Indonesian Working Group on HPV, penularan HPV juga bisa disebabkan oleh cara lain.

"Penularan HPV bukan hanya seksual, tapi skin to skin," ungkap Andrjono kepada VIVA.co.id, di kawasan Menteng.

Viral Aksi Pria Rekam CD Wanita saat Antre di Kasir Minimarket

Dia mencontohkan, dalam sebuah kasus, pernah ditemukan seorang perempuan yang terkena HPV di mulut. Hal ini menurutnya, disebabkan oleh kontak kulit dari serviks yang berpindah ke daerah mulut.

"Sekarang penelitian di seluruh dunia itu sepakat ada penularan (HPV lewat)  skin contact," kata dia menambahkan.

10 Mitos dalam Tahun Baru Imlek, Ada Tradisi Pakai Celana Dalam Merah

Tidak hanya itu, dia juga mengatakan, penelitian lain juga telah menemukan, bahwa HPV juga bersarang di celana dalam. Hal ini, lanjut dia, bisa tertular apabila seorang mengenakan celana dalam tersebut. Bahkan, ketika celana tersebut sudah dicuci.

"Ada beberapa dari pants sharing, itu tukar-tukaran karena virusnya bisa menyelip dan segala macam, jadi virusnya bisa mengalir. Dicuci bisa saja hilang, tapi juga bisa bersarang di lipatan-lipatan. Karena virus ini tumbuh di tempat lembap," kata dia.

Untuk itu, dia mengingatkan selain melakukan vaksin untuk pencegahan dan skrining untuk mendeteksi, pola hidup yang bersih juga menjadi kunci untuk memutus mata rantai penularan HPV.

"Makanya kalau ke toilet-toilet umum, atau jenguk penderita kanker, kita juga harus pastikan tangan kita steril dengan alkohol sebelum dan sesudahnya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya