Dihinggapi Lalat, 200 Bakteri Berbahaya Ada di Makanan

Lalat.
Sumber :
  • Pixabay/ Gwendoline63

VIVA.co.id – Kehadiran lalat tidak hanya mengganggu, tapi juga bisa mengancam kesehatan Anda. Karena, seekor lalat rata-rata membawa 200 tipe bakteri berbahaya yang berbeda.

Viral Penampakan Ribuan Lalat Bertebaran di Kintamani Bikin Bergidik, Diduga karena Kotoran Ayam

Bakteri itu menempel karena lalat yang suka hinggap di banyak tempat seperti makanan yang sudah membusuk hingga kotoran. Jadi, meski Anda berhasil mengusirnya begitu lalat hinggap di makanan, kerusakan yang diakibatkannya sudah terlambat untuk diselamatkan.

Dilansir The Independent, hal itu disebabkan oleh ribuan bulu halus yang ada pada tangan dan kaki lalat. Sehingga bakteri dengan sangat cepat berpindah ke makanan Anda. Menurut ahli pengendali hama,  bakteri ini bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

"Lalat hanya perlu menyentuh makanan Anda sedetik saja untuk memberikan kesempatan bulu di seluruh tubuh mereka memindahkan kuman dari segala benda kotor yang mereka makan ke makanan yang Anda makan," jelas Ron Harrison, seorang ahli entomologi dan direktur pelayanan teknis di pusat pengendali hama Orkin.

Dan karena lalat bisa memindahkan penyakit menular seperti kolera, disentri, dan tifoid, sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan yang sudah dihinggapi lalat.

Top Trending: Geger Polisi DIkejar Pakai Panah, Heboh Video Nakes Direkam saat Mandi

Perlu diketahui juga kalau lalat hampir selalu muntah di atas makanan apapun yang dihinggapinya. Karena, mereka tidak bisa mengunyah jadi mereka harus memuntahkan enzim pencernaan ke makanan untuk menghancurkannya dan kemudian mereka menyedotnya.

Memang tidak mudah menghindari lalat untuk tidak hinggap di atas makanan Anda. Lantas apa yang bisa Anda lakukan?

Taktik terbaik adalah sesederhana memotong bagian yang dihinggapi lalat dan membuangnya. Tapi, tentunya jika Anda masih tahan tetap mengonsumsi makanan sisanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya