Lima Bahan Alami Ampuh Redakan Nyeri Haid

Ilustrasi bumbu dapur atau kunyit.
Sumber :
  • Pixabay/Ajale

VIVA.co.id – Bahan-bahan herbal ternyata ampuh untuk mengatasi nyeri datang bulan. Terlebih, bahan herbal ini, aman dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan imunitas kaum wanita.

Nyeri Lebih Hebat dari Mens Hingga Sebabkan Masalah Kesuburan, Kenali Tanda-tanda Endometriosis

Menurut Riskesdas 2010, sebanyak 59,12 persen masyarakat mengaku menggunakan jamu dan 95,6 persennya mengaku bahwa jamu bermanfaat bagi kesehatan. Dituturkan oleh praktisi herbal medik, Dr. Prapti Utami, M.Si, pemakaian herbal sebagai pereda nyeri sudah terbukti efektif.

Berikut lima bahan alami yang digunakan sebagai pereda nyeri haid.

Benarkah Obat Herbal Bisa Sembuhkan Kanker? Begini Penjelasan Dokter

1. Daun tapak liman

Kandungan tapak liman terdiri dari asam amino, flavanoid, stigmasterol, lupeol, dan epifreelinol. Kandungan tersebut dipercaya memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Hal ini yang membuat nyeri haid dapat berkurang.

Catat Ramuan Herbal Atasi Perut Kembung dan Panas Dalam

2. Kunyit

Kunyit mengandung zat curcuminoid yang mengandung vitamin B1 sebagai pembentuk sel darah merah. Itu juga yang membuat kandungan kunyit ampuh meredakan nyeri, terutama saat menstruasi.

3. Asam Jawa

Asam jawa bersifat anti nyeri, menghilangkan mual, kandungan asam amino, flavonoid sebagai anti radang dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi nyeri. Asam jawa sangat baik dikonsumsi kala nyeri haid datang.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan yang lebih ampuh dari buahnya. Ia berfungsi sebagai percepat luka serta anti nyeri. Menurut penelitian, daun ini sudah terbukti mampu mengurangi nyeri pada saat datang bulan.

5. Vitex agnus

Vitex agnus berfungsi sebagai peningkatan produksi hormon progesteron, sehingga kembali memberikan rasa nyaman yang menurun seiring sengan siklus menstruasi. Dengan demikian, rasa nyeri haid juga berkurang dengan adanya rasa nyaman tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya