Ritual Seba, Suku Baduy Jalan Kaki 39 Km

Suku Baduy melintasi kawasan Tangerang.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Sejak pukul 05.00 WIB pagi tadi, Jumat 28 April 2017, Orang Kanekes atau yang akrab dipanggil Suku Baduy Dalam berjalan kaki menuju Pendopo Bupati Lebak di Rangkasbitung, untuk menjalankan ritual Seba atau berkunjung ke pimpinan di wilayahnya.

Perkampungan Suku Baduy Dalam Resmi Blankspot Internet

"Orang Baduy Dalam sudah sampai (kecamatan) Cimarga, (mereka) yang paling depan," kata Tiwin, Suku Baduy Luar, yang biasa berhubungan dengan masyarakat di luar sukunya, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Jumat, 28 April 2017.

Sedangkan Subur Baduy Luar akan berangkat pada pukul 13.00 WIB menggunakan kendaraan roda empat. Baik Baduy Dalam maupun Baduy Luar berangkat dari Kampung Ciboleger dengan membawa hasil buminya.

Kominfo dan Operator Seluler Diskusi Pemutusan Internet di Baduy

"Masih belum berangkat, abis Jumatan (berangkat)," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa sekitar dua ribu Suku Baduy Dalam dan Luar sejak hari ini hingga hari Minggu mendatang, 28-30 April 2017 menjalankan ritual Seba atau berkunjung ke pimpinan, bupati dan gubernur, di wilayahnya guna memberikan hadiah berupa hasil alam yang telah ditanamnya.

Warga Baduy Minta Hapus Internet di Wilayahnya, Kominfo: Kita Hormati

Baduy Dalam berangkat dari Kampung Ciboleger dengan berjalan kaki menempuh jarak sejauh 39 kilometer dengan rute bervariasi, bisa melewati jalan aspal, perkampungan, hingga keluar masuk sawah dan hutan.
 

Aura Kasih

Aura Kasih Ungkap Rencana Libiran ke Baduy di 2024, Alasannya Menyentuh

Aura Kasih memiliki alasan tersendiri kenapa memilih Baduy untuk jadi salah satu tujuan wisatanya di tahun 2024 mendatang. Aura ingin berbaur dengan warga lokal di sana.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023