Karya Desainer Dunia Mirip Beskap, Ini Kata Ivan Gunawan

Ivan Gunawan
Sumber :
  • NUVOLA/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Perancang busana asal Inggris Alexander McQueen belum lama ini mengeluarkan karya terbaru. Dia merilis koleksi musim semi/panas 2017.

Tangis Angelina Sondakh Hirup Udara Bebas, Isi Amplop Ivan Gunawan

Dar koleksi terbarunya itu, ada pakaian yang tampak mirip dengan pakaian adat Jawa pria atau beskap. Pakaian itu dalam akunnya di Instagram disebut sebagai jaket warna hitam berbahan beludru disertai bordir benang emas.

Selain menuding karya tersebut mirip dengan beskap, sejumlah netizen asal Ethiopia menganggap bahwa pakaian tersebut meniru baju pernikahan adat mereka. Mengenai hal ini, desainer Indonesia, Ivan Gunawan ikut bersuara.

Ivan Gunawan Luncurkan Busana Terbaru Jelang Ramadhan

Dia mengatakan bahwa memang ada kemiripan antara karya terbaru. Hanya saja, itu menjadi sebuah akulturasi antara budaya barat dan timur mengingat Pulau Jawa dahulunya dipengaruhi dengan budaya Eropa.

"Ini akulturasi dan memang mirip tapi Jawa itu juga dipengaruhi dengan budaya Eropa. Kita pernah dijajah oleh Belanda jadi ada kemungkinan kesamaan bentuk antara budaya Jawa dengan budaya Eropa," ujar Ivan kepada VIVA.co.id, Jumat, 28 April 2017.

Mesra, Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting Posting Foto Harmonis

Baju karya Alexander McQueen (kiri) dibandingkan dengan beskap (kanan)

Dia menuturkan bahwa pada bagian benang emas yang ada pada koleksi Alexander McQueen itu bisa jadi terinspirasi oleh busana kaisar Eropa terdahulu. Busana itu kemudian dibawa ke Tanah Air oleh para penjajah, sehingga originalitasnya mulai beradaptasi.

"Intinya koleksi yang pakai benang emas itu dahulunya Eropa juga baju-baju kaisarnya pakai benang serupa. Jadi dibawalah ke Indonesia originalitasnya mulai beradaptasi baik dari budaya Eropa ataupun budaya China," ucapnya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya