Heboh Pesta Diskon Besar-besaran di Semarang

Semarang Great Sale 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Menikmati suasana libur keluarga tidak ada salahnya untuk memilih Kota Semarang sebagai tujuan wisata. Selain banyak pilihan destinasi dan kulinernya, bulan ini kota yang akrab dengan panganan lumpianya itu sedang giat menggelar Semarang Great Sale (Semargres).

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Ya, Semargres adalah pesta diskon besar-besaran selama satu bulan penuh. Acara ini digelar tiap tahun. Kali ini Semargres telah dimulai sejak 7 April lalu dan akan berakhir pada 7 Mei 2017 mendatang.

Pesta diskon besar-besaran ini setidaknya diikuti oleh 1.345 peserta, baik pelaku usaha dan UMKM. Mereka terdiri dari para pedagang kaki lima, pedagang kuliner khas Semarang, hotel, maskapai penerbangan, mal, karaoke, dan lainnya juga turut andil dalam event ini.

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Menurut Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Semargres menjadi acara tahunan yang kini telah masuk di agenda wisata Kementerian Pariwisata. Setelah digelar di tahun ke-7, event ini bukan hanya sebuah agenda wisata, tapi gerakan gotong royong untuk memajukan usaha di Kota Semarang untuk menarik wisatawan.

"Sebab tak hanya pelaku usaha besar yang terlibat, pelaku UMKM juga banyak yang ikut serta," kata Hendrar, Minggu 30 April 2017.

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

Hendrar merinci, Semargres diikuti oleh 8 maskapai penerbangan, PT Kereta Api Indonesia, 35 hotel, 7 mal, 23 butik, 72 kafe dan restoran, 17 karaoke, 6 perusahaan retail, taksi blue bird, toko online Tokopedia, 112 UMKM, 6 area pedagang kaki lima, 5 pasar tradisional, dan lainnya.

"Jumlah peserta tahun ini bertambah dari 1.159 tahun lalu menjadi 1.345 peserta," katanya.

Para pembeli pesta diskon ini bahkan berkesempatan untuk membawa pulang berbagai hadiah yang akan diundi panitia. Mulai dari 2 mobil, 17 sepeda motor, dan sejumlah tiket pesawat.

Maka jangan heran jika momentum libur panjang akhir pekan ini, wisatawan yang datang dan berbelanja di Semarang berkesempatan untuk mendapat hadiah. Mereka pun akan disajikan sejumlah acara hiburan yang bertepatan dengan hari jadi ke-470 Kota Semarang. Pengundian akan dilakukan dalam acara penutupan pada 7 Mei 2017 di Lawang Sewu Semarang.

Promosi Kota Semarang

Meliani Sugiarto, salah seorang peserta Semargres, mengaku menyambut baik event tahunan kota Semarang tersebut. Pemilik jajanan kuliner Lumpia Delight Semarang itu pun antusias memberikan diskon besar, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa selama Semargres berlangsung.

"Kami berikan diskon 50 persen bagi pelajar dan mahasiswa untuk membeli menu spesial lumpia Delight. Mereka hanya harus menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswa," terang Melanie.

Perempuan yang akrab disapa Cik Meme ini mengaku, event Semargres telah mampu mendongkrak pengunjung tokonya, khususnya pengunjung asal mancanegara. Ia menyebut acara itu sangat efektif sebagai bentuk promosi Semarang selain kota budaya tapi juga kota kuliner.

"Acara ini bisa menjadi motor penggerak pelaku usaha untuk bisa membesarkan kota. Seperti lumpia sendiri adalah kuliner tradisional khas Semarang yang seharusnya bisa bersaing dengan makanan luar negeri," imbuh perempuan yang juga Wakil Ketua Bidang Pangan dan Agro Bisnis Kadin Kota Semarang itu. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya