TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Cara Aman Bercinta Saat Menstruasi

Bisa dilakukan tanpa harus langgar kaidah agama dan kesehatan.
Cara Aman Bercinta Saat Menstruasi
Iustrasi bercinta. (Pixabay)

VIVA.co.id – Berhubungan seksual saat masa menstruasi masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bisa dilakukan, tapi tidak sedikit yang ragu melakukannya.

Menurut Spesialis Andrologi, dr. Nugroho Setiawan, MS, SpAnd dari Rumah Sakit Fatmawati, mengatakan bahwa hubungan seksual saat istri sedang menstruasi sebaiknya tidak dilakukan.

"Menurut agama dan dalam ilmu kedokteran tidak dianjurkan. Tapi, memuaskan itu tidak harus alat kelamin pria masuk ke kelamin wanita," ujar Nugroho kepada VIVA.co.id.

Nugroho menambahkan, ada beberapa teori yang menyebutkan jika berhubungan seks saat mentruasi bisa menimbulkan masalah seperti endometriosis. Cara untuk memuaskan hasrat bercinta, Nugroho menganjurkan, bisa dengan bercumbu atau oral saja asalkan tidak memasukkan alat kelamin.

Sementara untuk intensitas bercinta, Nugroho mengatakan, tidak bisa disamakan antara pasangan yang satu dengan pasangan lainnya.

"Tergantung, kalau misalnya tujuannya ingin memiliki anak, dianjurkan tiap dua hari. Kalau tujuannya untuk rekreasi atau relasi, setiap hari boleh," kata Nugroho.

Namun, yang terpenting, kata Nugroho, dalam hubungan seks harus diinginkan oleh kedua pihak. Dengan demikian hubungan seks dapat dinikmati. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP