TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Tanda Tubuh Alami Prediabetes

Jika dibiarkan, lima tahun ke depan akan menjadi diabetes.
Tanda Tubuh Alami Prediabetes
Ilustrasi pengecekan diabetes (Pixabay/TesaPhotography)

VIVA.co.id – Prediabetes merupakan tahap sebelum kondisi tubuh mencapai gejala pada diabetes. Sayangnya, prediabetes terbilang sangat minim gejala sehingga sulit dideteksi.

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA), Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, Sp.PD-KEMD, prediabetes sulit dideteksi karena tidak memiliki gejala khas seperti diabetes. Namun, tanda paling pasti yang mampu dilihat yaitu saat melakukan tes gula darah.

"Prediabetes itu tidak ada gejala, tapi bisa dilihat dari gula darahnya. Angka gula darah puasa yang mencapai 110 hingga 126, itu sudah masuk angka prediabet. Atau bisa juga lihat gula darah usai makan dua jam, dengan skala gula darah 140-199," ujar Mardi, di kawasan Petojo, Jakarta.

Menurutnya, cukup dilihat salah satu dari ukuran angka tersebut, maka perilaku pencegahan sudah harus dilakukan. Cukup dengan memiliki gaya hidup sehat, maka diabetes dapat dicegah.

"Mulai gaya hidup saja buat prediabet, asal patuh bisa kok tanpa obat. Pantangan makanan yaitu gula merah, gula pasir, gula batu. Karbohidrat, lemak, protein bisa semua dikonsumsi asal dihitung yaitu 60 persen nasi, 25 protein, sisanya 15 persen lemak," jelasnya.

Dengan rutin menjalani pola makan dan aktif bergerak, diabetes dapat dicegah sejak dini. Namun, jika tidak rutin dilakukan, maka diabetes bisa saja mengintai dalam jangka tiga hingga lima tahun.

"Prediabet dikelola dengan diet, bisa tidak jadi diabetes. Tapi, dalam 3-5 tahun tidak melakukannya, 25 persen jadi diabetes. Diabetes ditandai dengan gula darah puasa mencapai atas 126 dan gula darah usai dua jam makan di atas 200," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP