Deretan Kuliner dari Sabang sampai Merauke Ada di Sini

Menu hidangan di restoran Senyum Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria Fundrika

VIVA.co.id – Menghadirkan makanan dari seluruh Indonsia. Kiranya itulah yang ingin dihadirkan oleh Senyum Indonesia, sebuah restoran khas Indonesia yang terletak di Jalan Teluk Betung No 45, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Ide restoran ini sendiri muncul setelah Kimberly Ananto, kurator Kuliner Senyum Indonesia mengunjungi berbagai pelosok Tanah Air, dari Sabang hingga Merauke untuk mencari hidangan terbaik Nusantara. Hidangan-hidangan tersebut kemudian dihadirkan di Senyum Indonesia.

"Saya sudah pergi ke 34 provinsi Indonesia dan saya katakan I'm true Indonesia. Suatu kebanggaan bagi saya. Ketika berkeliling saya menikmati makanan yang khas, misal Jakarta ada rawon, tapi beda dengan misal Surabaya, tapi semaksimal mungkin saya membawaa originality ke restoran ini," ucap Kim saat ditemui VIVA.co.id baru-baru ini.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Beberapa hidangan lain yang juga disajikan, diantaranya pempek Palembang, nasi Bali dan nasi Pekalongan. Untuk pempek sendiri, Kim mengaku menerbangkan langsung pempek tersebut dari Palembang. Menurutnya, saat ia berkunjung ke Palembang, bahan dasar yang digunakan untuk pempek Palembang ternyata bukanlah ikan tenggiri, melainkan ikan belida.

Sedangkan untuk nasi Bali, Senyum Indonesia menggunakan ayam betutu suwir, sate lilit, dan juga irisan bawang merah, dan cabai yang cukup pedas.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

"Untuk nasi Pekalongan, orang Pekalongan apapun yang dia makan enggak ketinggalan sama menggono. Menggono itu nangka muda yang ditumis dengan kecombrang. Kebanyakan masyarakat di sana hidup dekat dengan laut, jadi kebanyakan makan seafood dan kita sajikan juga cumi hitam," kata dia.

Nasi Bali di restoran Senyum Indonesia

Di samping itu satu keunikan yang menjadi daya tarik restoran tersebut, yakni adanya concept store bernama Something Academic yang menghadirkan barang-barang yang terlahir dari kebudayaan Indonesia. Jenis barang atau produk yang tersedia memiliki beberapa kriteria, seperti furnitur (moving design), produk kecantikan, fesyen, piringan hitam, buku kesenian serta seni karya lukis.

Seluruh barang atau produk yang tersedia dalam concept store telah dikurasi oleh tim tersendiri, sedangkan untuk lukisan yang ditampilkan telah melewati proses kurasi oleh Agustiawan WR.

Saat ini lukisan yang tengah dipamerkan adalah karya dari Syahrizal Pahlevi, Wara dan Sri Harjanto Sahid. Pameran Lukisan ini akan berganti setiap tiga bulan, dan restoran ini membuka kesempatan bagi para seniman muda untuk mengajukan hasil karya mereka untuk dipamerkan dalam concept store tersebut dan dikenal oleh masyarakat.

Nasi Pekalongan di restoran Senyum Indonesia.

Untuk harga, semua hidangan yang ditawarkan berkisar antara Rp50-150 ribu. Total menu yang ditawarkan berjumlah sekira 40-50 menu yang setiap bulannya akan diganti. Untuk kapasitas tempat duduk kurang lebih 90 kursi.

"Jadi mungkin untuk para perantau kalau kangen dengan masakan asal rumah dia bisa ke sini, atau mau eksplor makanan baru dia bisa ke sini," ucap Kim.

Senyum Indonesia
Jalan Telub Betung No 45, Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 3146092
Kisaran harga: Rp50-150 ribu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya