Menarik, Kirim Surat Lewat Kotak Pos di Bawah Laut

Pos bawah laut Vanuatu
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ingat terakhir kali Anda menyelam di bawah air dan tiba-tiba teringat sebuah surat penting yang harus Anda kirim secepatnya? Yup, hal itu mungkin telah terjadi pada kita semua.

Bidik 20 Juta Wisman, Kemenpar Gelar Lomba Foto Bawah Laut

Namun, untungnya lima tempat di bawah laut ini memiliki kotak pos untuk kita mengirim surat. Berikut lokasi bawah air di mana Anda bisa mengirim surat, seperti dilansir Amusing Planet.

Pulau Hideaway, Vanuatu

5 Surga Diving Indonesia Destinasi Favorit Turis Asing

Kantor pos bawah laut di lepas pantai Pulau Hideaway di negara Kepulauan Vanuatu adalah salah satu yang paling terkenal di dunia.

5 Pulau Cantik di Asia yang Wajib Dikunjungi

Didirikan pada 2003 dan terletak tiga meter pada kedalaman air, terdapat kantor pos yang menyediakan kartu pos tahan air khusus dan dicap dengan hiasan timbul khusus.

Wisatawan dapat masuk dan merasakan sensasi kotak pos tersebut. Namun, jika Anda tak bisa melalukannya di dalam air, Anda bisa meminta bantuan kepada petugas untuk menaruh surat ke dalam kotak pos.

Teluk Susami, Jepang

Kota nelayan kecil Susami di Prefektur Wakayama, Jepang, memiliki perbedaan dalam menciptakan kotak pesan bawah laut pertama di dunia. Sampai muncul pembuatan kotak surat bawah air lainnya di Malaysia.

Kotak surat Susami adalah kotak pos terdalam di dunia, pada kedalaman 10 meter. Kotak pos ini dibuat sebagai bagian yang adil pada 1999 untuk mempromosikan jalur ziarah Kumano Kodo dan daerah sekitarnya di bagian selatan Semenanjung Kiomi Wakayama.

Sebelum ada kotak surat ini, Susami tidak memiliki daya tarik tersendiri, sampai Toshihiko Matsumoto, kepala sekolah di kota itu, mengemukakan gagasan tentang kotak pos bawah laut.

Penyelam dapat membeli kartu pos tahan air dari toko lokal, menulis pesan mereka dengan tinta cat minyak, dan memasukkannya ke kotak pos merah tua yang terletak di bawah laut. Setiap beberapa hari sekali, seorang karyawan toko mengumpulkan kiriman dari kotak pos dan membawanya ke kantor pos setempat.

Setiap tahun, kotak surat tersebut menerima antara 1.000 sampai 1.500 lembar surat, dan 32.000 lembar surat telah diposkan di kotak surat di bawah laut tersebut sejak dibuat.

Pulau Layang Layang, Malaysia

Departemen pos Malaysia memecahkan rekor pada 2015 saat meluncurkan kotak pos di Layang Layang pada kedalaman 40 meter di bawah permukaan laut.

Kartu pos yang dikirim dari kotak surat bawah laut disegel dalam kantong plastik tahan air, diberi cap pos khusus, dan diberi label logo Malaysia Book of Records.

Risor, Norwegia

Kantor pos bawah laut di kota Risor, di pesisir selatan Norwegia, terbuat dari lonceng selam, dan merupakan satu-satunya kantor pos kering bawah air di dunia. Kantor pos terletak pada kedalaman empat meter di samping dermaga.

Pengunjung mengirim surat mereka di kotak pos di dekat dermaga, yang kemudian dikosongkan, disegel dalam tas kedap air dan dibawa ke kantor pos bawah air. Di dalam kantor pos yang kering ruangannya, surat kemudian dicap, dan dikembalikan ke permukaan dalam sirkulasi normal.

Bahama

Kantor pos "Sea Floor" di Bahama, sudah tidak ada lagi, tapi merupakan kantor pos bawah air pertama di dunia yang dibuat pada 1939.

Kantor pos bawah laut ini dibuat oleh fotografer AS John Ernest Williamson (1881-1966), yang diakui sebagai salah satu pelopor fotografi bawah laut. Pada 1912, Williamson merancang sebuah ruangan dengan jendela kaca tebal yang bisa diturunkan ke dasar laut.

Dari dalam alat ini, yang disebutnya "Williamson Photosphere", fotografer tersebut dapat mengamati makhluk-makhluk di bawah laut dan memotretnya. Pada 1939, the Bahamas-Williamson Undersea Expedition untuk film di bawah air dimulai.

Untuk mengumpulkan publisitas tentang ekspedisi ini, kantor pos Sea Floor telah dibuat. Namun, kantor pos ini ditutup pada 1941. Dan untuk mengenang dan memperingatinya, pada 1965, departemen Pos Bahama mengeluarkan seperangkat prangko untuk memperingati kantor pos Sea Floor. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya