Indahnya Lukisan Karya 10 Anak Difabel

Lukisan karya kaum Difabel
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id – Lebih dari 20 karya lukis yang dibuat oleh 10 anak dengan kebutuhan khusus dipamerkan hari ini, di Plaza Insan Berprestasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pameran ini sebagai bentuk dukungan sekaligus wadah untuk anak berkebutuhan khusus  menyalurkan keterampilannya dalam seni lukis.

Prabowo Diberi Lukisan Tangan oleh SBY Saat Hadir Silaturahmi dan Bukber Partai Demokrat

"Kalau bicara seni kan luas bisa hiburan bisa penguatan karakter dan gimana seni itu bisa meningkatkan karakter siswa, toleransi. Seni juga  untuk healing pengobatan untuk itu direktorat kesenian mengajak teman teman yg belum punya akses karena difabel ini," ungkap Restu Gunawan Direktur Kesenian Kemendikbud, saat ditemui VIVA.co.id, Rabu 17 Mei 2017.

Menurutnya, selama ini banyak dari anak dengan kebutuhan khusus yang memiliki karya yang tidak kalah dengan anak normal pada umumnya. Hanya saja, masih belum terlau banyak ruang bagi mereka untuk mengembangkan dan menyalurkannya.

SBY Beri Hadiah Lukisan 'Standing Firm Like Rocks' ke Prabowo, Begini Maknanya

"Dan dengan forum ini membuat inisiasi jejaring di antara mereka karena butuh orangtua yang tekun agar dia tidak sendiri, dan ternyata ada teman teman yang punya kondisi seperti ini dengan begini mereka ingin membuat networking supaya mereka saling belajar, supaya tidak berkecil hati," kata dia.

Lebih jauh dia juga berencana untuk membuat semacam paralimpic art bagi anak-anak berkebutuhan khusus, agar bisa memperluas wadah kreativitas mereka.

30 Pelukis Perempuan Unjuk Gigi dalam Pameran 'Perempuan-Perempuan Tangguh'

"Jadi ini juga sebagai salah satu cara menghapus stigma di masyarakat, bahwa semua orang mampu untuk berkreativitas, tak terkecuali anak difabel," kata dia.

Prabowo Saat Hadir Silaturahmi dan Bukber Partai Demokrat

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Prabowo menegaskan, pemberian lukisan dari SBY itu merupakan suatu kehormatan yang luar biasa.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024