TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Ternyata Kesepian Bikin Susah Tidur

Tak heran jika mereka memiliki kualitas tidur yang buruk.
Ternyata Kesepian Bikin Susah Tidur
Ilustrasi wanita kesepian. (Pexels/Pixabay)

VIVA.co.id – Perasaan kesepian atau tidak memiliki pasangan dan hubungan sosial ternyata bisa bikin orang susah tidur. Hal itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan di Inggris. Kesepian didefinisikan oleh peneliti sebagai perasaan tertekan yang dialami orang saat mereka menganggap hubungan sosial mereka tidak memadai.

Temuan menunjukkan bahwa 24 persen orang dewasa muda yang kesepian cenderung lebih merasa lelah dan mengalami kesulitan berkonsentrasi di siang hari.  Mereka mungkin juga memiliki kualitas tidur yang buruk, termasuk waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan memiliki gangguan tidur. Demikian dilansir dari laman Indian Express.

"Kurangnya kualitas tidur menjadi salah satu dampak perasaan kesepian, dan temuan kami menggarisbawahi pentingnya pendekatan terapeutik dini untuk menargetkan pemikiran negatif dan persepsi yang dapat membuat kesepian menjadi lingkaran setan," kata Profesor Louise Arseneault di King's College London.

Selanjutnya, hubungan antara kesepian dan kualitas tidur yang buruk hampir 70 persen lebih kuat di antara mereka yang terpapar bentuk kekerasan yang paling parah, termasuk kejahatan, pelecehan seksual, penganiayaan anak-anak dan penganiayaan oleh anggota keluarga atau teman sebaya.

Gelisah saat tidur pada individu yang kesepian mungkin juga terjadi karena mereka merasa kurang aman atau akibat respons stres biologis yang meningkat.

"Kami juga menemukan bahwa mengalami kekerasan di masa lalu memperburuk kaitan antara kesepian dan tidur yang buruk, yang sesuai dengan pernyataan bahwa masalah tidur pada orang kesepian berhubungan dengan perasaan tidak aman," ucap Timothy Matthews dari King's College London. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP