TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Cegah Kanker Serviks, Vaksin HPV Lebih Efektif Jika ...

Ada banyak manfaat dari vaksin HPV.
Cegah Kanker Serviks, Vaksin HPV Lebih Efektif Jika ...
Kasus kanker serviks menyebabkan kematian atas 2 orang setiap jam. (Pixabay)

VIVA.co.id – Vaksin Human Papillomavirus sudah diteliti efektivitasnya dalam mencegah kanker, khususnya kanker serviks. Dengan dua kali dosis vaksin di  bawah usia 15 tahun, peneliti menemukan manfaatnya hingga masa dewasa kelak.

Dilansir dari laman Medical Daily, studi ini melibatkan 400 ribu anak perempuan yang diberikan vaksin HPV dalam dua kali dan tiga kali dosis. Peneliti menemukan tidak ada perbedaan dalam pemberian dosis vaksin HPV tersebut.

Peneliti meyakini, hal ini disebabkan oleh usia para partisipan yakni perempuan muda yang membuat dampak dari pemakaian vaksin menjadi tidak jauh berbeda. "CDC dan WHO secara umum merekomendasikan dua dosis utama untuk menghasilkan sistem imun yang baik. Hasil dari studi kami pun akhirnya menemukan bahwa dua dosis vaksin HPV sudah mampu mencegah kasus infeksi genital," ujar peneliti, Rebecca Perkins.

Sayangnya, vaksin HPV ini memang tidak memberi dampak begitu baik bagi wanita yang berusia di atas 15 tahun. Sebab, vaksin akan berfungsi lebih baik dan efektif pada sel yang masih berusia muda.

"Efektivitas vaksin yang diberikan pada wanita usia muda, akan lebih menjaga sistem imun tubuhnya hingga 50 tahun mendatang," ujar spesialis obgyn, dr. Andi Darma SpOG(K), kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Menurut Andi, 85 persen kasus penyebaran HPV disebabkan oleh kontak seksual. Maka dari itu, papsmear bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan bagi individu yang sudah aktif melakukan hubungan seksual.

"Papsmear digunakan bagi mereka yang sudah aktif berhubungan seksual. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada lesi prakanker akibat virus HPV, yang kemudian bisa dicegah sejak dini," kata dia.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan untuk cegah penyebaran virus HPV yakni melalui pola hidup sehat. Dikutip dari rilis Sutra, yang diterima VIVA.co.id, pola hidup sehat yang mudah yaitu melalui TTM.

"Kampanye Ubah Hidup Lo dimulai dari TTM yang mencakup Tahan diri dengan tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah, selanjutnya Tetap setia dengan pasangan Anda, dan yang terakhir, Main aman atau selalu menggunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksual berisiko," ujar Brand Manager Kondom Sutra, Daniel Tirta.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP