Koki Istana Beberkan Rahasia Dapur Jokowi

Menu masakan Dapur Joko Widodo.
Sumber :
  • YouTube Presiden Joko Widodo

VIVA.co.id – Presiden Republik Indonesia memang terkenal sebagai sosok pria yang sederhana. Namun, ternyata kesederhanaannya juga termasuk dalam hal makanan. Itu diketahui dari sebuah video yang diunggah di channel YouTube resmi Presiden Joko Widodo.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Video tersebut menampilkan wawancara singkat dengan Tri Supriarjo, juru masak Istana asal Palur, Ngringo, Karanganyar, Solo.

Sambil menyiapkan makanan di dapur Istana, pria yang telah bekerja sebagai juru masak Jokowi sejak tahun 2013 lalu itu bercerita bahwa sehari-hari Presiden Jokowi biasa mengonsumsi masakan rumahan, seperti sop ayam, sayur bening bayam, tumis pepaya muda dan oseng-oseng tempe.

KPU Yakin MK Tolak Amicus Curiae yang Diajukan Megawati karena Tak Ada dalam UU Pemilu

Jokowi juga sering minta dibuatkan mie ketoprak, yang mirip dengan soto mie, namun memiliki cita rasa yang berbeda.

Sama seperti kebanyakan orang, jika sedang gemar menikmati satu hidangan, Jokowi juga ternyata bisa mengonsumsinya setiap hari. Salah satu contohnya adalah soto kuning.

Jokowi Tugasi Luhut Muluskan Rencana Investasi Apple di Indonesia

"Hampir setiap hari soto kuning hehehe," ujar Tri sambil terkekeh.

Kemudian, Jokowi juga gemar menyantap teri Medan yang digoreng. Sementara camilan favoritnya cukup banyak. Namun, saat ini Jokowi sedang gemar makan singkong goreng, jagung rebus dan lento.

Lento sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ketela parut yang diberi kelapa, lalu digoreng. Jokowi juga sangat suka makan bakwan, baik itu bakwan jagung atau sayur.

"Terus tempe, tahu bacem itu enggak lupa pasti. Jadi tahu tempe, bakwan, wah itu pasti," ucapnya.

Tak seperti yang mungkin dibayangkan banyak orang, setiap waktu makan, Jokowi tak pernah mau nasi putih disiapkan di atas meja makan.

"Nasi enggak di meja. Nasi bapak itu di konter sendiri. Jalan kaki, ngambil. Yang penting nasi itu panas," kata Tri menjelaskan.

Untuk mencukupi kebutuhan sayur dan buah, Presiden Jokowi juga rutin mengonsumsi jus yang menunya tiap hari berubah. Misalnya di pagi hari ia mengonsumsi jus melon, maka sorenya Tri akan membuatkan jus apel. Namun, untuk saat ini sang presiden sedang gemar minum jus kedondong.

Nah, Jokowi juga punya kebiasaan yang tak pernah ia lewatkan, yakni minum jamu dan teh pahit setiap pagi.

"Jamunya bapak terdiri dari temulawak, jahe, kunyit. Cangkirnya zaman dahulu itu, yang blirik-blirik hijau. Ada yang cokelat. Memang sederhana sekali bapak itu," ucapnya menambahkan.

Ia juga mengaku bahwa selama kurang lebih empat tahun bekerja untuk Jokowi, ia sama sekali tak pernah menerima komplain atau dimarahi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya