RESEP: Meramu Jamu Favorit Jokowi

Proses pembuatan jamu favorit Jokowi.
Sumber :
  • YouTube Presiden Joko Widodo

VIVA.co.id – Gempuran kuliner internasional membuat sejumlah makanan dan minuman khas Indonesia mulai jarang dikonsumsi para generasi muda di zaman sekarang. Padahal, minuman tradisional seperti jamu memiliki sederet manfaat kesehatan.

Status Jokowi di PDIP, Komarudin Watubun: Sudah di Sebelah Sana, Bagaimana Dibilang Bagian PDIP

Bahkan Presiden Joko Widodo pun sangat gemar menikmati jamu. Menurut juru masak Istana, Tri Supriarjo, setiap hari Jokowi selalu rutin mengonsumsi jamu di pagi hari.

“Yang paling baku, bapak itu kalau pagi itu jamu, teh pahit,” ujar juru masak asal Palur, Ngringo, Karanganyar, Solo tersebut dalam video yang diunggah di channel YouTube resmi Presiden Joko Widodo.

MK: Dalil Pemohon Ada Intervensi Presiden Terkait Pencalonan Gibran Tak Beralasan Hukum

Pria yang sudah bekerja menjadi juru masak Jokowi sejak tahun 2013 itu pun mengungkap resep jamu favorit Jokowi. Bahannya antara lain adalah temulawak, jahe dan kunyit.

“Temulawaknya delapan potong, kunyitnya enam potong, terus jahenya tiga potong.”

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Cara membuatnya adalah dengan merebus ketiga bahan tadi hingga mendidih dan sari-sarinya keluar. Air rebusannya pun berubah warna menjadi hitam pekat. Itulah jamu yang tak pernah absen diminum Jokowi setiap pagi.

Meski banyak orang yang sering menambah gula merah atau madu ke dalam jamu agar tidak begitu terasa pahit, namun tampaknya Jokowi lebih memilih minum jamu tersebut tanpa tambahan pemanis.

Perlu diketahui, jamu yang terbuat dari temulawak, jahe dan kunyit memiliki banyak khasiat, mulai dari mencegah kanker karena kandungan antioksidan di dalamnya, menurunkan kolesterol darah secara alami, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan stamina, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan perut kembung dan menangkal radikal bebas.

Nah, sudah tahu kan cara membuat jamu dan manfaat kesehatannya. Kalau mau sehat dan bugar seperti Jokowi, mulai sekarang biasakan minum jamu tradisional Indonesia. Pak presiden saja minum jamu, masa kamu enggak?

Jamu favorit Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya