Begini Cara Bertahan Hidup saat Terjebak di Gurun Pasir

Gurun pasir.
Sumber :
  • Pixabay/puniani

VIVA.co.id – Tubuh manusia bisa bertahan selama tiga hari tanpa air. Nah, di padang pasir, dengan iklim panas yang ekstrem, air sangat sulit ditemukan. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan air saat terjebak di gurun pasir.

Gurun Arab Saudi Ditumbuhi Banyak Lavender Ungu, Warga: Tidak Ada yang Menyangka

Cari tanda-tanda kehidupan jika Anda tak bisa menemukan sumber air. Vegetasi, burung dan serangga bisa menjadi tanda ada sumber air di dekatnya. Buah-buahan, sayur-sayuran, kaktus dan akar-akar semua mengandung air. Hancurkan dengan batu agar air di dalamnya keluar dan bisa Anda konsumsi.

Air akan mengalir ke dataran yang lebih rendah, jadi Anda bisa mencarinya di bagian gurun yang rendah. Bagian bawah tebing atau bukit biasanya memiliki sumber air. Demikian dilansir dari Tech Insider.

Viral! Penampakan Gurun Pasir Arab Saudi Jadi Danau

Anda juga bisa mendapatkan air dari embun pagi. Caranya dengan menggantung baju Anda sebelum matahari terbit dan langsung minum air embun dengan cara memeras baju.

Anda juga bisa menggunakan cangkir, wadah, atap dari terpal untuk mengumpulkan air hujan. Cara lainnya adalah dengan mencari tanah dan tumbuhan lembap atau sungai kering. Semuanya bisa mengindikasikan adanya air di bawah tanah. Jika Anda menggali lubang di tanah, Anda akan menemukan air.

Misteri Gerbang Neraka: Api Kawah Darvaza Terus Berkobar Puluhan Tahun

Jika memungkinkan, filter atau saring air tersebut sebelum diminum. Namun, jika harus memilih dehidrasi dan air yang tidak difilter. Ambil risiko dan minum air tersebut untuk bertahan hidup. (one)

Mata Air Bermunculan di Tengah Gurun Arab Saudi

Fenomena Langka, Mata Air Bermunculan di Tengah Gurun Arab Saudi

Fenomena langka terjadi di Negara Arab Saudi, yaiitu bermunculannya mata air di negara tersebut kendati berada di gurun pasir. Padahal sangat jarang melihat danau

img_title
VIVA.co.id
18 April 2023