Cara Ampuh Perkenalkan Martumba ke Dunia Internasional

Budaya Batak siap diperkenalkan ke dunia internasional
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Banyak cara dilakukan masyarakat Tanah Air untuk menonjolkan budayanya demi dikenal dunia internasional. Seperti dengan ajang lomba seni budaya asli Batak yang satu ini.

Melihat Pesona Danau Toba dan Kekayaan Budaya Batak

Dengan mengenakan Ulos, kain khas Batak, sebanyak 100 grup peserta mengikuti lomba Koreo Simbolon Martumba 2017. Bertempat di Gedung Theater Nyi Ageng Serang, Jakarta, lomba diikuti peserta asal berbagai daerah di antaranya Bandung, Purwokerto dan Jabodetabek.

Ketua Umum Ina PSBI, Dessi Trinita Simbolon, menyambut baik atas antusiasme peserta yang ikut dalam lomba Martumba tahun ini. Pihaknya juga bekerja sama dengan Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) yang berperan sebagai juri lomba.

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

"Lomba koreo Simbolon Martumba ini bertujuan untuk menjaga nilai-nilai budaya dan tradisi Batak. Selain itu untuk lebih memperkenalkan budaya Batak ke dunia internasional dan khususnya warga Batak lebih mencintai lagi budaya asal mereka,” kata Dessi, Senin 22 Mei 2017.

Adapun yang menjadi unsur penilaian juri yaitu step sheet atau gerakan langkah yang benar, keserasian dan kekompakan dengan tim, pakaian yang dikenakan.

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

"Dari seluruh peserta lomba nantinya akan diseleksi juara satu, dua, dan tiga grup koreo terbaik pada final nanti di gedung basket Kuningan,” ucap Dessi.

Martumba merupakan tarian masyarakat Batak Toba yang dilakukan oleh sekelompok remaja atau muda-mudi. Setiap gerakan tari yang diiringi nyanyian mengekspresikan kegembiraan. Biasanya Martumba diadakan pada acara pesta rakyat atau upacara adat.

Lomba Koreo Simbolon Martumba 2017 ini merupakan rangkaian dari Pesta Bolon Punguan Simbolon dohot Boruna se-Indonesia (PSBI) III, sekaligus kongres III yang akan digelar pada 3 sampai 9 Juli 2017 mendatang di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya