Nanas Merah Muda Siap Dijual di Pasaran, Bagaimana Rasanya?

Nanas merah muda.
Sumber :
  • Instagram @onlykcbaby

VIVA.co.id – Buah nanas yang selama ini kita kenal, berwarna hijau dan berubah warna menjadi kuning ketika matang. Namun, tahun lalu, masyarakat dikejutkan dengan buah nanas yang kulit dan dagingnya berwarna merah muda.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Ya, akhir 2016 lalu sebuah perusahaan Del Monte, memang tengah mengembangkan nanas unik tersebut. Kini, nanas merah muda berhasil ditanam di Hawaii dan Costa Rica.

Badan keamanan pangan dan obat-obatan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) juga telah memberi izin terkait keamanan nanas berwarna merah muda untuk dikonsumsi dan dijual di pasaran AS.

Rasa Gatal di Mulut Akibat Makan Buah Nanas, Ternyata Ini Penyebabnya

Dilansir dari laman Food Beast, nanas tersebut dikembangan dengan rekayasa genetik untuk mendapatkan warna merah muda dan cita rasa manisnya. Saat masih muda, nanas yang diberi nama Rose Gold itu memproduksi banyak pigmen likopen yang juga memberi warna merah pada tomat.

Setelah masak, likopen diubah menjadi enzim atau protein yang dapat menyebabkan reaksi yang sama dengan nanas biasa. Pada nanas biasa, karotenoid kuninglah yang memberi buah tersebut warna kuning dan keasaman khusus yang membentuk profil rasa nanas.

7 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

Gen jeruk juga ditambahkan pada nanas merah muda untuk menurunkan tingkat enzim bromelain, yang membuat orang alergi pada nanas. Kemudian ditambahkan pula gen kentang untuk mengurangi tumbuhnya bunga pada tanaman nanas, dan meningkatkan warna merah mudanya.

Tertarik mencoba? Mari kita tunggu nanas cantik ini dijual di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya