Artis Pop Jepang Ayumi Hamasaki Tuli Total

Ayumi Hamasaki
Sumber :

VIVA.co.id – Ratu pop Jepang, Ayumi Hamasaki, tengah bermasalah dengan indera pendengaran. Penyanyi berusia 38 tahun yang kerap memborong penghargaan ini dinyatakan tuli total di kedua telinganya. 

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sebenarnya, jauh sebelum ini, sekitar tahun 2000-an, masalah pendengaran Ayumi ini telah menjadi topik besar yang kerap dibicarakan di antara penggemar hingga haters

Dalam tulisannya di blog Team Ayu, penyanyi cantik ini memberitahu pada penggemarnya bahwa telinga kanannya sudah tidak berfungsi normal. Sebagaimana diketahui bahwa Ayumi telah kehilangan pendengaran bagian kiri sejak tahun 2008. Dan kini, telinga kanan yang biasanya dijadikan tumpuan olehnya menjadi semakin lemah, dan akhirnya ia harus merelakan kedua indera pendengarannya tak lagi berfungsi. 

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

"Sebelum tur tahun ini dimulai saya mendapat pukulan kedua- pendengaranku mulai memburuk. Aku tidak bisa berjalan di garis lurus, dan sering muntah saat di studio," tulis Ayumi seperti dilansir dari Straittimes

Ia mengungkapkan untuk memberanikan diri untuk menghadapi masalah tersebut. Ia juga melakukan berbagai tes agar pendengarannya kembali pulih. 

BYD Pajang Mobil Konsep Ocean-M di Auto China 2024

"Tapi setelah melalui berbagai tes pendengaran, saya diberitahu bahwa telinga kanan saya (yang telah bekerja keras untuk menyeimbangkan telinga kiri yang sudah tuli) memburuk lebih cepat," ujarnya.

Lewat tulisannya tersebut penyanyi yang juga pencipta lagu ini menceritakan bagaimana dia merasa sangat putus asa. Sebagai seorang penyanyi, pendengaran sangatlah penting. Tetapi, ia harus berdamai dengan keadaan ini. 

"Saya hanya ingat bagaimana saya sebagai seorang penyanyi harus berdamai dengan dua telinga yang tak berfungsi. Lebih dari itu, saya ada di kegelapan," ujarnya.

Sejak Flu

Kondisi telinga Ayumi semakin buruk saat dia menderita flu dan batuk selama konser tahun 2000. Tapi, demi profesionalisme, Ayumi memilih melanjutkan tur setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit. Padahal dokter telah menyarankan untuk mengurangi paparan suara kencang.

Bahkan hingga saat ini, penyanyi yang kerap disandingkan dengan Utada Hikaru ini tetap berjanji akan terus berada di industri musik yang sangat dicintainya.

"Panggung tempat saya berada. Ini satu-satunya tempat saya benar-benar merasa ada. Saya tidak tahu lagi hal lainnya," tulisnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya