TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Roti Maryam Jadi Menu Andalan Hotel Saat Ramadan

Disajikan dengan beragam topping.
Roti Maryam Jadi Menu Andalan Hotel Saat Ramadan
Roti Maryam  (Raudhatul Zannah / VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Menjelang bulan suci Ramadan 2017, berbagai kegiatan maupun penawaran telah disiapkan banyak orang bahkan instansi. Mulai dari konsep, acara-acara, hingga menu makanan dan minuman yang dihadirkan.

Ada menu spesial yang ditawarkan, seperti yang dihidangkan oleh satu hotel bintang tiga di Jakarta, Mercure Cikini, Jakarta. Hotel tersebut memberikan hidangan spesial sebagai menu berbuka puasa di Ramadan.

Menu itu adalah Roti Maryam dengan topping Chicken Curry. Hidangan itu dibuat langsung oleh executive chef hotel tersebut.

"Roti Maryam ini akan diberi topping sesuai selera. Tapi di sini, salah satu topping yang dapat dipilih yaitu disajikan dengan saus kari ayam (chicken curry)," kata Executive Chef Hotel Mercure, Ibe, di Jakarta, Senin 22 Mei 2017.

Terkait rasa, seperti saat VIVA.co.id diberi kesempatan untuk mencicipi hidangan, rasa dari saus kari ayam terbilang tak pedas dan sangat berasa gurih. Sedangkan untuk roti maryam, teksturnya sangat lembut dan tidak tebal dalam sisi ukurannya.

Adapun resep roti maryam itu, Ibe menjelaskan, bahan-bahan terdiri dari satu kg tepung terigu protein tinggi, satu sendok teh garam, empat sendok makan susu bubuk, dua butir kuning telur, dua butir telur, 450 cc air hangat, 175 cc minyak goreng.
 
Cara membuat, campur minyak goreng, telur (2 butir telur dan 2 kuning telur) dan air. Aduk-aduk bahan tersebut di atas dengan menggunakan whisk, aduk rata.

Kemudian, masukkan tepung terigu protein tinggi, garam, dan susu bubuk sereta uleni hingga kalis. Setelah kalis, bagi adonan sama rata kira-kira 50 gram, bulatkan adonan. 

Olesi bagian atas dari adonan yang telah dibulatkan dengan minyak. Kemudian tutup dengan serbet bersih, diamkan selama kurang lebih satu jam.

Setelah didiamkan, giling adonan sampai tipis, bentuk oval panjang. Lalu gulung menjadi gulungan panjang hingga membentuk kerucut ke atas. 

Diamkan lagi dalam waktu yang lebih cepat, kemudian giling kembali dengan ketebalan setengah sentimeter. Lalu, panaskan minyak dalam wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak, goreng hingga kecokelatan, angkat. (ren)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP