Ketahui Delapan Metode Memasak, Mana Lebih Sehat?

Ilustrasi memasak terung
Sumber :
  • Pixabay/feherandras

VIVA.co.id – Bagaimana metode memasak makanan, ternyata juga mempengaruhi, sehat atau tidaknya hasil masakan tersebut. Ya, saat ini, semakin beragam menu yang menjadi tren dan favorit banyak orang.

Enggak Bisa Sembarangan, Ini 3 Aturan Bikin Salad Sehat

Cara mengolahnya beragam, namun, yang menjadi masalah apakah cara memasak makanan ini menghasilkan makanan yang sehat? Untuk itu, Anda perlu tahu, bagaimana metode memasak mempengaruhi nilai gizi dari makanan yang kita makan.

Seperti dilansir laman Times of India sebelum terjun ke dapur atau membeli makanan di restoran, Anda perlu tahu, nutrisi makanan bisa hilang karena beberapa proses memasak. Seperti halnya vitamin yang larut air seperti C dan B. Tak hanya itu, vitamin larut lemak seperti A dan K juga bisa hilang akibat proses memasak.

Begini Cara Masak Sayur Agar Vitaminnya Tidak Hilang

Mineral seperti pottasium dan megnesium juga demikian. Berikut, 8 metode memasak yang perlu Anda tahu dan mana yang lebih sehat?

Proses merebus

Masak Sayuran aja Masih Salah, Gimana Mau Sehat?

Ada beberapa sayuran yang mengandung vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini bisa hilang jika sayuran terendam air untuk jangka waktu yang lebih lama. Karena  sebagian sayuran merupakan sumber vitamin C, bila direbus, sejumlah besar vitamin C ini hancur.

Selain ini, vitamin B juga sensitif terhadap panas. Namun, jika sayuran dikonsumsi dengan cairan yang direbus, 80 persen nilai gizi dapat dipertahankan.

Pembakaran

Karena pemanggangan dengan cara dibakar adalah metode memasak kering, memasak dengan metode ini berkepanjangan di bawah suhu tinggi, bisa menyebabkan hilangnya vitamin B. Selain ini, tidak ada kerugian yang signifikan terhadap nutrisi lainnya dan karenanya, ini adalah pilihan memasak yang sehat.

Microwave

Sebuah studi di Harvard mengungkapkan bahwa microwave dianggap sebagai salah satu pilihan teraman untuk mempertahankan nilai gizi makanan. Namun, ini hanya berlaku jika Anda tidak menghabiskan makanan Anda selama lebih dari 30 detik sampai satu menit pada satu waktu dan makanan Anda tidak dipanaskan dalam wadah plastik. Karena periode waktu pemanasan tidak terlalu lama dalam microwave, sebagian besar nutrisi tidak hilang.

Dan perlu diketahui, memanaskan makanan dalam wadah plastik berbahaya karena zat dan bahan kimia yang tidak diketahui dapat ditransmisikan ke makanan Anda.

Memanggang

Karena memasak cara ini dilakukan pada suhu tinggi dan memberi aroma berasap pada makanan kita, memanggang sebenarnya bisa tidak aman. Hal ini disebabkan asap yang dipanggang karena bisa bersifat kanker. Namun, ini bisa dikurangi jika asap berkurang. Sekali lagi, jumlah nutrisi utama yang hilang adalah vitamin B.

Tumis

Cara lain yang sehat untuk menyiapkan makanan adalah dengan metode mamasak ditumis menggunakan penggorengan. Metode ini berbeda dengan metode memasak dengan cara menggoreng.

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa dalam menggoreng, suhunya lebih tinggi. Secara keseluruhan menumis adalah pilihan memasak yang sehat karena jumlah bahan seperti minyak dapat dikontrol. Anda pun perlu tahu, jika makanan dimasak dengan metode menggoreng juga merupakan metode yang meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

Baking

Metode memasak kering lainnya dengan suhu tinggi, yakni baking. Ini  adalah pilihan memasak yang sehat karena jumlah lemak yang digunakan  tidak banyak. Karena makanan dipanaskan dari keempat sisi, makanan dimasak secara merata tanpa kehilangan gizi yang signifikan seperti vitamin C.

Digoreng

Meski metode memasak ini membangkitkan selera makan, memasak makanan dengan minyak banyak mengandung beberapa bahaya serius selain tingginya jumlah lemak yang terlibat dalam proses pembuatannya.

Menggoreng dengan minyak banyak adalah metode memasak dimana makanan dimasak secara merata dari semua sisi dan bagian dalam, tapi bisa merusak makanan tertentu seperti ikan. Bila minyak dipanaskan dalam waktu lama pada suhu tinggi, zat beracun terbentuk yang bisa menyebabkan kanker.

Oleh karena itu, memasak makanan dengan cara digoreng bukanlah pilihan yang paling sehat. Cobalah memilih minyak yang lebih sehat jika menggoreng benar-benar diperlukan.

Mengukus atau steaming

Dianggap sebagai metode memasak terbaik untuk mempertahankan nutrisi penting makanan. Mengukus sangat bagus untuk semua jenis sayuran. Nilai lebih metode memasak ini adalah bahwa bahkan vitamin yang larut dalam air yang hilang dalam proses merebus, bisa dipertahankan dalam metode memasak ini. Menambahkan satu sendok teh minyak sehat seperti mustard dan seasame bisa menambah rasa pada sayuran kukus Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya