Wajib Tahu, Bahaya Kopi untuk Ibu Hamil dan Janin

Ilustrasi minuman mengandung kafein
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Banyak penelitian menyebutkan ragam manfaat kafein bagi tubuh. Namun, tidak dipungkiri, konsumsi kafein bisa menimbulkan bahaya pada tubuh kaum wanita, khususnya mereka yang sedang mengandung.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Kopi, teh, dan cokelat merupakan bagian dari kafein. Kebaikan kafein, disebut-sebut dapat memberi energi tambahan pada tubuh. Tapi, kafein memberikan efek buruk pada kalsium di tubuh.

"Kafein mengikat kalsium, jadi saat minum kopi, kalsium di tubuh akan terbuang. Adanya tanin di dalam kandungan kafein, membuat penyerapan kalsium terhambat atau malah membuang kalsium di tubuh," ujar spesialis gizi klinis, dr. Diana Suganda, M.Kes., Sp.GK, di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa 23 Mei 2017.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Terlebih, ibu hamil membutuhkan kalsium untuk kebutuhan gigi dan tulang janin. Sehingga, bahaya pembentukan tulang yang tidak sempurna, bisa mengintai janin.

Selain kalsium, konsumsi kafein juga membuat zat besi terbuang. Padahal, zat besi sangat penting dalam pembentukan darah.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

"Zat besi itu penting dalam pembentukan darah, di mana kalau produksi darah menurun, energi pada tubuh bisa menurun. Nanti kondisi ibu hamil malah yang harusnya extra zat besi, jadi lemah," kata dia.

Untuk itu, ia menyarankan, konsumsi kafein per hari cukup hanya 200 miligram. "Cukup satu cangkir atau satu sashet kopi bubuk instan aja sehari, kalau berlebihan dampaknya bahaya."

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ada beberapa masalah kulit yang paling banyak dialami oleh para wanita hamil. Hal ini patut diwaspadai agar tahu bagaimana cara pencegahannya sejak dini.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024