RESEP: Tergoda Kelezatan Panna Cotta Kelapa dan Wijen

Summer Delight Coconut Panna Cotta with Lemon Curd and Toasted Coconuts.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Masih ingat dua orang wanita berdarah Indonesia, yang memenangkan ajang kompetisi memasak di salah satu televisi di Australia, My Kitchen Rules? Pada 2016 lalu, Tasia dan Gracia memenangkan kompetisi itu, berkat kepintaran mereka mengolaborasikan kuliner barat dengan masakan tradisional Indonesia.

Bisa Cegah Anemia, Cicip Nikmatnya Chicken Liver Patte With Bruschetta

Nah, ada salah satu hidangan pencuci mulut buatan mereka yang mampu memikat penilaian para juri hingga akhirnya mereka berhasil masuk ke babak final.

Hidangan itu adalah panna cotta, sejenis puding bertekstur khas Italia yang terbuat dari susu. Mereka menamakannya Summer Delight Coconut Panna Cotta with Lemon Curd and Toasted Coconuts.

Walikota di Italia Sebut Tak Ada yang Namanya Spaghetti Bolognese

"Ini dessert yang membawa kami menuju babak final," kata Gracia kepada VIVA.co.id, saat ditemui di Central Park, Jakarta, Selasa, 23 Mei 2017.

Aroma panna cotta tersebut sangat harum saat baru matang dan masih dalam keadaan panas. Saat dicicipi, teksturnya begitu lembut dan rasa manisnya tidak berlebihan. Ada sentuhan rasa gurih juga dari saus lemon dan taburan kelapa parut panggang. Apalagi, sambil menyantap nougatine wijen.

7 Kota dengan Pengalaman Bersantap Terbaik Versi TripAdvisor

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat panna cotta antara lain adalah santan, krim yang dimasak, gula pasir, susu full cream, vanili, garam, gelatin, telur, mentega tanpa rasa, lemon, wijen putih dan hitam, stroberi dan kelapa parut yang telah dipanggang.

Tasia dan Gracia.

Berikut ini cara membuatnya seperti yang disebutkan oleh Tasia dan Gracia.

1. Untuk membuat panna cotta, masukkan santan, krim, gula, susu dan vanili ke dalam panci berukuran medium dan  masak di atas api sedang sampai gula larut. Masukkan gelatin dan aduk rata, lalu matikan api.

2. Tuangkan panna cotta yang masih cair ke dalam 6 buah wadah mungil sambil disaring. Dinginkan di dalam lemari es selama beberapa jam atau semalaman.

3. Untuk membuat saus lemon curd, masukkan kuning telur, telur dan gula dalam panci dan aduk sampai rata. Panaskan di atas api kecil, kemudian tambahkan mentega, garam, lemon. Aduk kembali hingga rata. Saring dan tuang  ke dalam botol yang telah disterilkan. Dinginkan di dalam lemari es.

4. Untuk membuat nougatine wijen, masukkan gula dan mentega ke dalam panci lalu masak di atas api sedang. Aduk rata hingga gula cair dan matikan api. Masukkan biji wijen dan tuang di dalam cetakan atau wadah yang telah dilapisi dengan minyak. Panggang selama sekitar 10 menit atau sampai berwarna coklat keemasan. Dinginkan di dalam lemari es.

5. Untuk penyajian, keluarkan panna cotta dari lemari es dan siapkan semangkuk air hangat. Dengan hati-hati letakkan panna cotta di dalam air selama 30 detik dan balikkan cetakan ke piring.

6. Sajikan dengan saus lemon curd, kelapa parut panggang, nougatine wijen dan buah stroberi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya