Camilan Gandum Utuh, Bikin Anak Tak Mudah Sakit

Gandum utuh
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Selain makanan utama, anak-anak juga butuh diberikan snack, atau selingan. Makanan selingan ini, juga bisa membantu memenuhi zat gizi dari makanan utama.

Membangun Kebiasaan Makan Sehat pada Anak, Peran Orang Tua dalam Memilih Camilan

Pemilihan jenis snack pun, harus disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak. Pada usia yang lebih muda, seperti delapan bulan bisa diberikan snack dengan tekstur cair seperti jus buah, atau sayuran, pure, maupun puding halus yang tidak kenyal.

Pastikan pula bahwa snack yang diberikan padat gizi. Meski lambung anak kecil, tetapi kebutuhan gizi yang harus dipenuhi sangat banyak, sehingga makanan yang diberikan harus berbahan baik.

Banyak yang Salah Kaprah Soal Diet Karbohidrat, Begini yang Benar

"Snack yang baik itu salah satunya adalah yang mengandung whole grain. Whole grain tidak selalu gandum, tetapi merupakan bagian utuh dari biji-bijian seperti beras," ujar Market Nutritionist PT Nestle Indonesia, Eka Herdiana, saat konferensi pers Cerelac Nutripuffs di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 24 Mei 2017.

Kenapa whole grain penting, jelas Diana, karena dalam grain akan lebih banyak di dalamnya. Kulit arinya terdapat serat, vitamin B, dan fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan.

Dianggap Tak Sehat, 4 Roti Ini Ternyata Bagus untuk Diabetes

Jika kandungan gizi itu didapat secara utuh, anak pun akan tumbuh kuat dan tidak mudah sakit.

Tetapi, jika grain hanya dikonsumsi bagian dalamnya saja, yang didapat sebagian besar adalah karbohidrat dan protein saja. Sementara itu, serat dan vitamin B tidak didapat, padahal vitamin B ini yang dapat mendukung produksi hemoglobin agar tidak anemia.

"Germ, atau intinya, banyak terkandung lemak tak jenuh yang baik bagi pertumbuhan anak," tambah Diana.

Menurut sejumlah jurnal, dikatakan bahwa whole grain dapat menurunkan risiko penyakit degeneratif, atau penyakit tidak menular seperti kelebihan berat badan, obesitas, atau kanker kolon. Selain itu, snack dari buah-buahan asli juga baik, karena banyak mengandung vitamin dan mineral. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya