Investasi Harus Dipikirkan Sejak Gaji Pertama

Masyarakat cenderung menghabiskan seluruh dana THR untuk keperluan hari raya.
Sumber :
  • Pixabay/Stevepb

VIVA.co.id – Investasi masih belum dianggap penting bagi sebagian besar masyarakat, terutama para anak muda yang baru saja mendapatkan pekerjaan. Mereka cenderung menghabiskan gaji mereka untuk kebutuhan konsumsi dalam memenuhi berbagai keinginan, seperti traveling maupun membeli gadget terbaru.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Head of Wealth Managenent and Customer Segments Bank Commonwealth, Ivan Jaya mengatakan, seharusnya para anak muda yang baru saja mendapatkan gaji harus mulai memprioritaskan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan. Mereka perlu memulai belajar berinvestasi pada usia produktif, lantaran masuk dalam kategori kebutuhan.

"Kalau terima uang bulanan, kita sisihkan dulu untuk kebutuhan rutin, tabungan,dan investasi. Yang dipikirkan untuk yang kebutuhan primer, bukan keinginan," ujarnya, saat ditemui di kantornya, di Jakarta, Rabu 24 Mei 2017.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Menurutnya, manajemen keuangan yang disiplin harus mulai diterapkan sejak mendapatkan gaji pertama. Termasuk, mulai belajar memilih produk investasi yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan.

Ivan mengakui, disiplin dalam mengelola pendapatan merupakan hal yang sulit dilakukan. Ia memberikan sedikit tips, porsi ideal untuk berinvestasi adalah 30 persen dari pendapatan. Sementara itu, 60 persen bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan sisanya untuk keperluan hal yang tak terduga.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

"Yang perlu ditekankan, belajar disiplin menabung dalam bentuk investasi maupun biasa. Kalau investasi, yang berisiko rendah seperti reksadana maupun valas," ucapnya.

Ia mengingatkan, keputusan untuk memilih produk investasi yang tepat pun harus dengan pertimbangan yang matang. Sebab, investasi yang dapat memberikan keuntungan terhadap harta kita juga sepaket dengan risikonya. "Investasi harus mengerti tujuan dan berapa lama serta risiko," ujarnya. (asp)

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bagi pemula yang ingin memulai investasi, reksadana adalah pilihan yang tepat. Reksadana menawarkan cara mudah dan menguntungkan untuk menumbuhkan uang Anda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024