Hirup Asap Kendaraan Bermotor Sebabkan Gangguan Tidur

Masker polusi udara
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Tak hanya buruk bagi fungsi pernapasan dan paru-paru, ternyata asap polusi kendaraan bermotor juga berdampak pada menurunnya kualitas tidur seseorang.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Dengan kata lain, terlalu banyak berada di lingkungan berpolusi dan menghirup asap kendaraan bermotor menyebabkan timbulnya gangguan tidur.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada Konferensi Internasional ATS tahun 2017 ini menyebutkan bahwa pemicu kondisi tersebut adalah asap nitrogen dioksida (NO2) sehingga menyebabkan efisiensi tidur rendah.

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

"Polusi udara menyebabkan iritasi saluran napas bagian atas, pembengkakan, dan juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat dan daerah otak yang mengendalikan pola pernapasan dan tidur," ujar penulis penelitian Martha E-Billings, MD, MSc, asisten profesor kedokteran di University of Washington.

Dilansir laman Indianexpress, penelitian tersebut menganalisis data dari 1.863 responden yang berusia rata-rata 68 tahun di India yang menjadi salah satu kota dengan tingkat polusi yang tinggi. Dalam penelitian tersebut, hampir 88 persen peserta memiliki efisiensi tidur yang lebih rendah.

Kualitas Udara Jabodetabek Buruk, MTI Pertanyakan Program Transisi Energi Pemerintah

Sementara itu, efek samping dari kurang tidur akan mengakibatkan penurunan kinerja, depresi, masalah jantung, obesitas dan menurunnya kesejahteraan hidup seseorang.

"Meningkatkan kualitas udara bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan tidur dan mungkin mengurangi disparitas kesehatan," saran Billings. (ase)

Gesits luncurkan motor listrik Timnas Indonesia di IIMS 2024

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana menggantikan semua kendaraan operasional PSSI termasuk untuk Timnas Indonesia menjadi kendaraan listrik

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024