Menyingkap Keindahan Alam Bulungan

Air Terjun Km18
Sumber :

VIVA.co.id – Banyak potensi objek wisata ternama di Indonesia, selain Bali dan Lombok, yang telah menjadi primadona di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara, menyimpan keeksotisan alam.

Wisata Alam Kebun Teh Tambi Wonosobo, Udara Sejuk dan Bisa Lihat 4 Gunung

Kabupaten Bulungan, memiliki kekayaan sumber daya alam dan berbagai macam potensi wisata unggulan, baik itu wisata alam, sejarah, keagamaan maupun bahari. Berikut, lima wisata unggulan yang dirangkum VIVA.co.id di Bulungan.

1. Gunung Putih

Ini Solusi Mudah Perjalanan Wisata yang Nyaman dan Tenang

Gunung Putih merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Tanjung Palas kabupaten Bulungan. Gunung ini adalah wisata alam berupa gunung kapur yang berwarna putih.

Wisata Alam Embung Kledung, Indahnya Pemandangan ‘Gunung Fuji’ Indonesia

Memiliki keindahan yang alami dengan relief-relief seperti pahatan seorang seniman. Bahkan, dari puncak gunung tersebut wisatawan dapat menikmati pemandangan kota Tanjung Selor.

Konon gua ini adalah tempat tafakur atau menenangkan diri Sultan Bulungan, dan di gunung putih ini juga disajikan kesenian daerah di rumah panggung yang ada di lokasi.

2. Air Terjun Km 18

Air Terjun Km18
Air terjun ini salah satu objek wisata potensial yang dimiliki Kabupaten Bulungan. Tepatnya berada di poros jalan Bulungan-Berau di Desa Jelerai, Kecamatan Tanjung Selor.

Tempatnya sangat unik, terdiri dari lima undakan. Undakan tertinggi 20 meter dan terendah dua meter, serta dikelilingi hutan yang alami. Susunan bebatuan yang unik dan tentunya air terjun yang jernih menambah keindahan yang ada di lokasi tersebut.

3. Karang Malingkit

Terumbu karang Malingkit berada di kecamatan Tanjung Palas Timur. Terumbu karang ini masih alami dan memiliki berbagai macam jenis karang, serta biota laut yang mempesona.

Dengan melakukan snorkling, atau menyelam, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan bawah laut, dan terumbu karang dengan kedalaman kira-kira dua meter dari permukaan laut.

4. Tugu Cinta Damai

Tugu ini berada di Tanjung Selor, Tepatnya di tepian sungai Kayan. Tugu Cinta Damai mencerminkan kedamaian tiga suku, yaitu Bulungan, Tidung, dan Dayak yang disingkat BULTIYA.

5. Batu Tumpuk

Batu Tumpuk merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi, karena memiliki keunikan tersendiri. Keunikan batu ini, karena batunya yang besar di atas dan di bawahnya yang kecil.

Semua batu tersebut pun terbentuk dengan alami. Batu ini terletak di Desa Panca Agung kecamatan Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya