Manfaat Positif Camilan untuk Anak

Ilustrasi pola makan anak
Sumber :
  • Pixabay/heikeschuchert

VIVA.co.id – Asupan gizi memang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Kebutuhan gizi ini pun tak hanya dapat dipenuhi lewat makanan utama, tapi juga selingan atau snack.

Menu Sederhana Bikin Si Kecil Semangat Sahur, Cuma 2 Bahan

Menurut psikiater anak, Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ(K), memberi makan bukan sekadar proses tapi juga cara utama untuk mengembangkan percaya diri anak.

"Anak yang tidak percaya diri, nantinya kemampuan eksplorasinya akan terganggu, termasuk eksplorasi makanan dan motorik halus yang berpengaruh pada self feeding anak," ujar Tjhin di satu acara di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 24 Mei 2017.

Masakan Si Kecil Boleh Tambah Penyedap Rasa? Ini Kata Dokter Gizi

Motorik halus anak yang berkembang dengan baik juga berpengaruh pada kemampuan menulis anak ketika masuk sekolah nanti.

Selain itu, memberikan snack yang juga mengandung nutrisi sehat, tidak hanya penting bagi perkembangan motorik halus, tapi juga perkembangan otaknya. Stimulasi pun bisa terjadi dan mendukung interkasi antara anak dan orangtua serta lingkungan sekitarnya.

Anak Stunting Terkait Perawakan Tubuh Orang Tua, Fakta atau Mitos?

"Masalah anak-anak sekarang kebanyakan adalah komunikasi yang kurang, kalau dari awal komunikasi dibangun secara adekuat, anak akan tumbuh sesuai harapan yang diinginkan," ujar Tjhin.

Ilustrasi makanan sehat.

Viral Pria Dimarahi Pacar Gegera Makanan Sehat

Pola hidup sehat dengan menyantap makanan sehat tentu suatu kewajiban bagi manusia. Tapi, pria yang satu ini berbeda. Dia malah kena omel kekasihnya lantaran ini.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2023