Benarkah Kosmetik Berbahan Kolagen Ampuh Atasi Penuaan?

Ilustrasi produk perawatan kecantikan.
Sumber :
  • Pixabay/bykst

VIVA.co.id – Kolagen seperti yang telah  diketahui memiliki manfaat yang luar biasa bagi kecantikan. Khasiat ini pun banyak dimanfaatkan produsen kosmetik dalam membuat produk kecantikan yang diperkaya kolagen.

Mengenal Skin booster Seberapa Efektif Untuk Bikin Wajah Mulus dan Bercahaya?

Tapi, apakah kandungan kolagen ini benar-benar bisa berkhasiat dan memberikan efek pada kulit?

Ahli dermatologi, dr. Indrawati Wijaya, SpKK menjelaskan bahwa sumber kolagen memang banyak dan yang sering didengar adalah kosmetik dengan kandungan kolagen, seperti masker atau pelembap kulit.

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Perawatan Tubuh dan Kecantikan Kian Diminati

Produk tersebut kemungkinan memang bisa memberikan manfaat, tapi kolagen yang didapat dari luar, bukan dari sumber makanan yang kita konsumsi, biasanya tidak bisa diserap ke dalam tubuh karena strukturnya.

"Biasanya produk itu tetap bermanfaat tapi hanya sebagai moisturizer (pelembap), jadi menjaga kulit kita hidrasinya tidak terlalu kering. Tapi, dia tidak akan menjadi kolagen yang ada di dalam kulit," ujar Indrawati kepada VIVA.co.id, baru-baru ini.

Penumpang KAI Kelas Executive dan Luxury Kini Bisa Jajal Treatment Kecantikan

Jadi, produk kecantikan yang mengandung kolagen memang bisa bermanfaat, tapi manfaat maksimal kolagen hanya bisa didapat jika kolagen itu benar-benar ada di dalam tubuh. Cara yang paling terkenal untuk mendapatkan kolagen dan memasukannya ke dalam tubuh adalah dengan metode suntik.

Namun demikian, metode suntik kolagen tidak disukai oleh semua orang karena kolagen mengandung protein yang bisa menyebabkan alergi.

Sedangkan kolagen yang bersumber dari makanan, selama makanan itu diolah dengan baik, bisa membuat kebutuhan tubuh akan asam amino tercukupi. Asam amino sendiri merupakan zat pembentuk kolagen. Disertai dengan asupan vitamin dan mineral, maka asam amino akan membentuk struktur protein dalam tubuh, salah satunya kolagen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya