Suami, Kenali Tanda-tanda Baby Blues Usai Istri Melahirkan

Ibu dan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/grisguerra

VIVA.co.id – Tak hanya saat menstruasi dan hamil, mood perempuan juga bisa fluktuatif pasca melahirkan terutama 2 hingga 3 minggu setelah bersalin. Kondisi seperti ini umum dikenal dengan istilah baby blues.

Nella kharisma Lahirkan Anak Pertama dari Dory Harsa

Kondisi ini dialami oleh 70 hingga 80 persen perempuan. Gejalanya bisa berupa sedih berlebihan, sensitif, sulit tidur, konsentrasi, kelelahan tidak sabaran dan masih banyak lagi. Biasanya dialami secara tidak sadar oleh para ibu.

Lalu apa yang bisa suami lakukan saat seperti ini? Ternyata tidaklah sulit, hal ini diutarakan oleh psikolog, Roslina Verauli. Para suami cukup kooperatif membantu sang istri dalam membagi tugas.

Tak Takut Alami Baby Blues, Dinda Hauw: Yang penting Ikhlas

"Delegasi tugas. Saat seperti itu buatlah istri nyaman dan tidak terlalu lelah. Suami andalan itu tidak membiarkan istri lelah setelah melahirkan," kata Vera kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Suami pun tak perlu ambil hati dengan sikap istri yang moody. Hal ini termasuk normal terjadi pasca melahirkan.

Setelah Proses Persalinan Para Ibu Harus Perhatikan Hal Ini

Vera mengatakan bahwa salah satu ciri suami yang akan terlibat saat pengasuhan kelak adalah mereka yang sudah menunjukkan perhatiannya pada istri dan anaknya sebelum masa kelahiran.

"Ayah-ayah yang waktu istri hamil sudah nunjukkin dia peduli, dengan mengantar ke dokter, terlibat dalam kehamilan diprediksi sebagai ayah yang terlibat dalam pengasuhan," lanjut dia. (ren)

Sule dikaruniai putra kelima

Sule dan Nathalie Holscher Dikaruniai Anak Pertama, Ini Potretnya

ule membagikan kabar bahagia atas kelahiran buah hati pertamanya dengan sang istri, Nathalie Holscher. Komedian asal Cimahi itu pun mengunggah sejumlah potret manis.

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2021