Akhir Hidup Mengenaskan Sutradara Bollywood

Rajesh Nanda dengan Ganesh Bajrang Sisal
Sumber :
  • Indianexpress

VIVA.co.id – Pembuat film India, Rajesh Nanda telah menutup usia pada 20 Mei lalu. Rajesh menghembuskan napas terakhirnya di usianya yang ke-80 tahun karena sakit komplikasi. Masa jaya Nanda di industri film Bollywood sekitar tahun 60-an. 

5 Film India Terbaik, Cocok Jadi Tontonan Saat di Rumah Saja

Laporan yang dilansir Indianexpress, kehidupan Rajesh setelah masa jayanya usai sangat mengenaskan. Ia ditinggal oleh sanak keluarganya. Ia tinggal di panti jompo. Saat sakit hingga meninggal, tak satu pun keluarga mencari kabar keberadaannya. 

Penyanyi ghazal terkenal, Ashok Khosla sekaligus pengelola panti jompo Sant Baba Moni Saheb Anand Ashram, mengatakan, Rajesh mulai tinggal di Ashram lebih dari 15 bulan lalu. 

Tahun Ini Jadi Momen Penting Hubungan RI-India

Khosla bercerita bahwa dia dihubungi temannya, seorang penulis lirik Sudhakar Sharma untuk memindahkan Rajesh dari Mumbai ke tempatnya dengan bebas biaya. "Sudhakar mengatakan kepada saya bahwa dia (Rajesh) tidak sehat. dan tidak ada yang merawatnya. Kami menjemputnya dari rumah sakit. Dia pulih secara bertahap, tapi kemudian, dia terkena komplikasi medis lainnya karena usia tua. Tidak ada anggota keluarganya yang bertanya tentang dia saat berada di sini," kata Khosla. 

Ia sangat prihatin melihat kehidupan sahabatnya tersebut. Ia sedih karena di masa tuanya Rajesh hidup sengsara. "Ini adalah realitas hidup yang keras. Begitu Anda tidak berguna bagi siapa pun, orang tidak ingin ada hubungannya dengan Anda, dan tidak ada yang peduli di mana Anda berada," katanya. Ia mengungkapkan itu pun terjadi pada kebanyakan penghuni di pantinya. 

Film Padmaavat Sukses Besar, Ranveer Singh Naikkan Tarif?

Ganesh Bajrang Sisal, yang merawat Rajesh di panti jompo, mengungkapkan bahwa pembuat film itu lebih memilih selalu menghabiskan waktunya dengan membaca buku dan surat kabar. Jika ada warga panti jompo yang berbicara dengan Rajesh, ia selalu menjawab dengan sopan.

Sisal lalu mengungkapkan bahwa ada beberapa topik yang tidak pernah dibicarakan Rajesh. "Dia tidak suka membicarakan filmnya. Jika ada yang menanyakan sesuatu tentang filmnya, ia biasa marah dan kesal," ucapnya.

Rajesh Nanda, telah membuat film seperti Pick Pocket (1962), Profesor-X (1966), Behroopiya (1971), Nateeja (1969) dan Sant Tukaram (1965). Dia juga menyutradarai film Punjabi, Dhol Jani, pada 1962. Aktor yang bekerja dalam filmnya di antaranya adalah Vinod Khanna, Dhiraj Kumar, Helen, Junior Mehmood dan K N Singh.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya