Cara Cegah Asam Lambung Naik di Bulan Puasa

Lambung.
Sumber :
  • pixabay/Hans

VIVA.co.id – Masalah asam lambung rentan diderita oleh mereka yang berpuasa. Biasa dikenal dengan istilah medis Refluks Asam Lambung atau juga dikenal dengan istilah, GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah penyakit pencernaan yang paling umum terjadi di dunia yang diderita lebih dari 10-20 persen populasi orang dewasa.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

Menurut Dr. Ari, masalah ini sebenarnya bisa dicegah, terutama untuk mereka yang menjalankan ibadah puasa. Dan, menurutnya, penanganan penderita GERD pada prinsipnya adalah menghilangkan gejala dan mencegah komplikasi. Hal ini dapat dilakukan melalui intervensi non-medis atau perubahan gaya hidup, atau bila perlu, melalui intervensi medis.

Ia menyarankan, agar terhindar dari masalah refluks asam lambung saat puasa, sebaiknya, mereka para penderita masalah ini, tidak menyantap daging secara berlebihan dalam waktu singkat.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Larang Konsep Puasa Setengah Hari Dikenalkan kepada Anak

"Pasien GERD disarankan untuk tidak mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat, dan lebih baik meningkatkan konsumsi buah dan sayuran," katanya dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Mereka para penderita asam lambung juga disarankan untuk tidak mengonsumsi daging dan jeroan pada saat yang bersamaan, dan tidak makan-makanan yang terlalu pedas atau asam.

Tidak Boleh Jual Makanan Siang Hari di Bulan Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

Pasien juga harus menghindari tidur dua jam setelah makan, karena bisa menyebabkan refluks asam lambung. Pasien GERD harus mengurangi kopi, alkohol dan soda yang akan memperburuk kondisi mereka.

"Selain itu, menghindari stres dan mengendalikan berat badan hingga mencapai indeks massa tubuh ideal (IMT) juga penting." (mus)

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Sengaja membatalkan puasa tanpa alasan yang sah adalah tindakan yang serius dalam Islam dan berpotensi mendatangkan dosa yang besar. Dosa tersebut termasuk melanggar peri

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024