Cara Hindari Kegemukan saat Berpuasa

Makanan buka puasa.
Sumber :
  • kapanlagi.com

VIVA.co.id – Bukannya kurang, berat badan seringkali malah naik saat Bulan Ramadan. Tidak sedikit yang mengalami kejadian seperti ini.

Diet Protein Tinggi, Solusi Turunkan Berat Badan dengan Kilat

Biasanya berat badan yang bertambah diakibatkan konsumsi berlebih makanan dengan kadar gula dan kalori yang tinggi terutama saat berbuka. Banyak yang sering kalap, ya?

Untuk menghindari kegemukan saat Ramadan, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti dikutip dari laman Egyptian Independent.

Sederet Tips Diet Sehat yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh

1. Saat berbuka Anda dapat konsumsi kurma terlebih dahulu atau konsumsi makanan ringan lain, lalu beri perut istirahat dengan melakukan ibadah terlebih dahulu sebelum konsumsi makanan berat.

2. Setelah beribadah, Anda bisa mulai makan dengan menu berupa sup, salad atau protein. Tunda konsumsi karbohidrat karena justru akan membuat Anda menjadi lebih lapar.

Ini 6 Makanan Diet Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi

3. Saat sahur Anda bisa konsumsi minuman untuk mengurangi berat badan seperti jahe, peppermint, lemon dan kayu manis, atau madu dan lemon.

4. Sebaiknya jangan langsung konsumsi gula berlebih setelah berbuka, disarankan dua jam setelah berbuka.

5. Tak hanya saat berbuka, apa yang Anda makan saat sahur juga memiliki andil dalam kenaikan berat badan. Sebaiknya konsumsi makanan kaya protein seperti yogurt, kacang-kacangan, telur, dan kurangi konsumsi gula serta karbohidrat. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya